People Innovation Excellence
 

Mendeteksi Lokasi Pointer-Mouse pada Program Scratch

Untuk membuat banyak aplikasi interaktif, diperlukan sebuah kemampuan untuk mendeteksi ketika sesuatu kejadian tertentu terjadi. Sebagai contoh misalnya, pada permainan balap mobil, ini penting untuk dapat mendeteksi ketika 2 mobil (sprite) berbenturan satu sama lain dan dalam permainan ini dibutuhkan tombol tertentu yang didefinisikan sebelumnya untuk mengontrol fungsi permainan tertentu, diperlukan kemampuan untuk mendeteksi pada saat kunci atau tombol ditekan.

            Scratch memberikan kemampuan untuk mendeteksi atau sensing ketika sesuatu terjadi dengan menggunakan blok sensing. Berikut topik yang akan dibahas meliputi bagaimana cara:

  1. Mendeteksi lokasi pointer-mouse dan status tombol mouse
  2. Mendeteksi apabila tombol keyboard ditekan
  3. Menentukan kapan suatu sprite bertabrakan atau bersentuhan dengan sprite lain dalam stage
  4. Menentukan jarak sprite terhadap sprite lainnya
  5. Bekerja dengan timer dan mendeteksi input volume mikrofon
  6. Mengambil data pada layar kerja dan sprite
  7. Mengambil data audio

Pada bagian ini khusus membahas poin 1 tentang mendeteksi lokasi pointer-mouse dan status tombol mouse.

Pada banyak aplikasi, pointer-mouse digunakan untuk mengontrol pergerakan sprite dan mendukung pengoperasian aplikasinya. Berikut adalah langkah-langkah mendeteksi pointer-mouse dengan aplikasi menggambar

a. Membuka aplikasi Scratch baru ® Klik ‘New projek

b. Menghilangkan sprite ‘kucing’ ® Klik icon ‘gunting

Gambar 1. Menghapus Sprite Kucing

c. Menambahkan sprite baru

Dengan cara mengklik New sprite ® Klik Paint new sprite ® pada paint editor klik Brush size ®pilih salah satu bentuk lingkaran hitam kecil ® Klik OK

Gambar 2. Menambahkan Sprite Baru

d. Pada script area, ditambahkan beberapa blok berikut :

  • Bendera warna hijau untuk eksekusi program
  • Pen size untuk mengatur ukuran pena ketika membuat gambar
  • Pen color untuk mengatur warna pena ketika membuat gambar

Gambar 3. Susunan Beberapa Blok

e. Selain beberapa blok yang dijelaskan pada poin d, ditambahkan juga beberapa blok seperti di bawah

Gambar 4. Susunan Beberapa Blok (Lanjutan)

  • Blok ‘mouse x’ menunjukkan lokasi pointer-mouse jika berpindah terhadap sumbu x
  • Blok ‘mouse y’ menunjukkan lokasi pointer-mouse jika berpindah terhadap sumbu y
  • Blok ‘mouse down?’ menunjukkan nilai benar atau salah pada saat identifikasi ketika tombol mouse ditekan

f. Eksekusi hasil script dengan cara mengklik tombol bendera warna hijau

Note : Nilai pada sumbu x dan sumbu y menunjukkan koordinat pointer mouse berada

Gambar 5. Hasil Eksekusi


Published at :
Written By
Dr. Anita Rahayu, S.Si., M.Si.
Lecturer Specialist S3 | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close