Membangkitkan Bilangan Acak pada Program Scratch
Dengan menggunakan program Scratch dapat dibangkitkan bilangan acak yang berasal dari sederetan bilangan. Misal diketahui sederetan bilangan dari 1, 2, …, 10, dari sederetan bilangan tersebut ingin diperoleh suatu bilangan acak. Langkah-langkah yang dilakukan adalah:
1. Membuka program Scratch
2. Membuat suatu variabel dengan cara mengklik icon “Variables”
Gambar 1. Icon Variables
Kemudian klik blok “Make a variable”
Gambar 2. Blok Make a Variable
Sehingga akan muncul perintah seperti berikut.
Gambar 3. Perintah Memasukkan Nama Variabel
Misal variabel yang akan dibuat dinamakan dengan “Bilangan Acak”, maka pada isian “Variable name?” ketik “Bilangan Acak” kemudian OK.
Gambar 4. Tampilan di Icon Variables
3. Kemudian menyusun beberapa blok sesuai kebutuhan pada script area. Untuk kasus ini terdapat 2 blok yang dibutuhkan, blok “when (gambar bendera hijau) clicked” yang terdapat pada icon “Control”, dan blok variabel “Bilangan Acak”
Gambar 5. Susunan Beberapa Blok
Karena ingin diperoleh suatu bilangan acak yang berasal dari sederetan bilangan 1, 2, …, 10 maka untuk nilai 0 pada blok variabel “Bilangan Acak” diganti dengan blok “pick random… to…” yang terdapat pada icon “Operators”.
Gambar 6. Menambahkan Blok Pick a Random … to …
Karena bilangan acak dipilih dari sederetan bilangan 1, 2, …, 10 maka isian pick random … to … diisi dengan 1 to 10.
4. Untuk menjalankan program ini, klik “gambar bendera hijau” di sebelah kanan atas
Gambar 7. Hasil Eksekusi Bilangan Acak
Comments :