Halo Kawula Muda !!

Pandemi Covid-19 saat ini membuat seluruh instansi pendidikan mengadakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang mengharuskan mahasiswanya untuk berkuliah melalui laptop atau handphone dengan berbagai platform seperti zoom meeting. Google meet, google classroom ataupun sebagainya.

Ternyata kuliah online membuat beragam tipe mahasiswa yang kocak-kocak loh

Nah maka dari itu, mimin udah ngumpulin beberapa tipe mahasiswa saat kuliah online nih. Sepertinya bakalan seru, jadi baca sampai habis ya.

  1. Si Ambis

Gak usah ditanya ya, pasti si ambis selalu ada di setiap kelas. Mungkin hanya 1 atau 2 dari 40 mahasiswa. Biasanya si ambis ini sudah siap di depan laptop 30 menit sebelum kelas dimulai dan selalu jadi yang pertama buat ngumpulin tugas. Selebihnya waktu mereka buat belajar agar waktu ditanya saat kelas online bisa jawab.

2. Si Aktif Bertanya

Disaat dosen selesai mengajar pasti ada aja yang bertanya biar tambah nilai. Biasanya keaktifan di kelas juga menjadi salah satu tolak ukur untuk penilaian dosen loh. Jadi meskipun kuliah online, diharapkan kamu juga bisa aktif bertanya ataupun menjawab ya gaes. Kasian dosennya kalau omong sendiri gak ada yang dengerin 😀

3. Si Rebahan

Mimin yakin nih pasti kebanyakan dari kalian cuma join kelas aja abis gitu ditinggal rebahan kan?? Biasanya sih kamera dinonaktifkan. Hati-hati gaes kalo tiba-tiba dosen manggil namamu

4. Si Tukang Nyemil / Makan

Ada mahasiswa yang bangunnya kesiangan sehingga belum bisa sarapan. Terpaksa deh mereka harus makan dulu tapi jangan lupa ya kamera nya dinonaktifkan agar tidak ketahuan. Ada juga yang cuma nyemil, yang penting materinya tetap masuk ya jangan makanannya terus yang masuk ke mulut

5. Si Tukang Selfie

Siapa nih yang suka foto-foto saat kelas online atau cuma sekedar bikin story di sosial media kalau lagi kuliah online?? Wah pasti banyak banget nih. Jangan cuma foto wajah aja, materinya juga di foto ya.

6. Si Main Sosmed

Biasanya kalo mahasiswanya udah boring banget saat kelas online, mereka gak segan-segan scroll sosmed. Siapa nih yang kaya gini??

Tapi sampai jangan lupa ya kalau lagi kuliah online karena keasyikan main sosmed

7. Si Pura-Pura Sinyal Hilang

Jenis mahasiswa ini agak unik ya gaes, gimana tidak mereka demi menghindari pertanyaan dari dosen rela untuk keluar zoom meeting loh. Cara ini adalah cara ampuh bagi mahasiswa untuk menghindari dosen. Boleh dicoba nih, tapi jangan keseringan ya gaes.

8. Si Suka Ngaca di Kamera

Biasanya sih tipe ini buat kaum-kaum hawa ya. Kamera aktif cuma lihat dirinya sendiri sambil ngaca-ngaca gitu ada yang benerin rambut, jilbab hingga make up.

Dari 8 tipe mahasiswa saat kuliah online di atas, kamu termasuk yang mana nih?? Atau kamu tidak termasuk tipe – tipe di atas saking beragamnya??

Semoga apapun tipenya, yang baik tetap dipertahankan dan yang buruk segera diubah ya gaes. Buat kamu, semangat kuliahnya !! Semangat pejuang toga !!