Unit Kegiatan Mahasiswa atau biasa disingkat UKM merupakan sebuah kegiatan ekstrakurikuler yang sebaiknya diikuti oleh mahasiswa. Pasalnya mengikuti UKM bisa menambah soft skill kamu. 

Setiap kampus pasti memiliki jumlah UKM yang berbeda beda tetapi kebanyakan jenisnya hampir sama mungkin namannya saja yang berbeda. Satu hal yang perlu diingat, pastikan kamu mengikuti UKM sesuai minat kamu ya. Sehingga mengikuti UKM gak sia-sia.

Nih mimin rangkum beberapa UKM yang perlu banget kamu ikuti, agar kamu langsung terkenal sekampus !! 

  1. Kegiatan Olahraga  

Gak salah lagi ya, UKM olahraga menjadi salah satu favorit para pecinta olahraga seperti basket, futsal, sepak bola, voli, bulu tangkis, dan lain-lain. Siapa tau kamu dapat menyabet juara di olahraga tertentu dan auto terkenal sekampus nih.

2. Dance 

Mungkin kebanyakan yang mengikuti UKM dance ini para ciwi-ciwi yaa. Eits jangan salah, para cowok pun tidak kalah luwes daripada cewek. Pasalnya jika mengikuti UKM dance ini kamu dapat dikenali oleh orang-orang karena beberapa event kampus pasti memerlukan dance buat acara penghibur. Wow kerennn banget

3. Musik

Hampir sama dengan dance, jika kamu aktif mengikuti UKM musik ini dijamin deh kamu bakal diundang ke beberapa event di kampus maupun di luar kampus. Gak salah lagi nih biasanya mahasiswa yang mengikuti UKM musik ini orangnya hitz-hitz. Setuju gak?? 

4. Jurnalistik 

UKM Jurnalistik ini sudah merajalela di berbagai kampus gaes. Jika kamu menekuni UKM ini dijamin tulisan kamu bakal diangkat ke majalah kampus atau semacamnya. Wah nama kamu jadi banyak yang tahu nih 

5. Pengabdian Masyarakat 

Siapa nih yang baru denger bahwa pengabdian masyarakat dijadikan UKM? Gak banyak kampus memiliki UKM ini sehingga terbilang cukup unik dan kamu secara tidak langsung dapat mensejahterakan masyarakat loh. Dengan karya-karya kamu untuk masyarakat, dijamin nama kamu bakalan terkenal seluruh kampus karena kamu berhasil mengharumkan nama kampus melalui karyamu untuk masyarakat yang lebih sejahtera lagi. 

6. Bidang IT 

UKM dalam bidang IT bisa kamu dapatkan juga loh. Disarankan banget nih buat kamu yang mengambil jurusan non IT tetapi pengen banget belajar dunia IT. Tetapi denger-denger nih anak IT itu cool abis. Karena memiliki kecerdasan yang luar biasa. Gimana nih tertarik gak sama IT?? 

7. Kerohanian 

Gak ada salahnya kamu mengikuti UKM Kerohanian. Selain kamu dapat meningkatkan iman kamu selama berkuliah kamu juga dapat menambah teman baru loh. 

Bagi calon mahasiswa, apakah kamu sudah terpikirkan ingin masuk UKM apa saat berkuliah nanti? Coba dipikirkan mulai dari sekarang ya, agar kuliahmu nanti juga dapat mengasah soft skill kamu lebih baik lagi jadi tidak hanya melulu memahami teori saja. 

Tahukah kamu bahwa 6 UKM diatas dimiliki oleh BINUS @Malang?? 

Yapp BINUS @Malang telah menyediakan beberapa Organisasi Kemahasiswaan yang dapat mengasah soft skill kamu dan auto jadi anak hits. Penasaran apa saja, berikut beberapa Organisasi Kemahasiswaan di BINUS @Malang 

  • Olahraga Basket (HORZELS)
  • Olahraga E-Sport (BINUSIAN GAMING)
  • UKM Bulu Tangkis (SMASHER)
  • UKM Dance (EPIC PARANOIA)
  • UKM Band (PANCARAGAM)
  • UKM Penalaran Jurnalistik (PANORAMA)
  • UKM Kemasyarakatan (TFI-SC)
  • UKM Penalaran Computer Club (BMCC)
  • Kerohanian Agama Katolik (KMK)
  • Kerohanian Agama Kristen (LG)
  • Kerohanian Agama Budha (KMBD)
  • Kerohanian Agama Hindu (MAHIBIMA)

Itulah beberapa UKM di BINUS @Malang. Kamu tertarik mengikuti UKM yang mana nih?? Pastinya diharapkan sesuai passion kamu ya. Selengkapnya bisa cek disini :

Website : https://binus.ac.id/malang/

Instagram : https://www.instagram.com/binus_malang/