People Innovation Excellence
 

YUK CEK APAKAH KAMU SUDAH DEWASA DALAM MENTAL

Sebagian orang menganggap kedewasaan hanyalah sebatas usia, padahal statement tersebut salah. Seseorang pantas dianggap dewasa jika mentalnya juga dewasa. Dewasa secara mental tidak dapat dilihat secara kasat mata, tetapi harus ditunjukkan melalui sikap orang tersebut.  Berbeda halnya dengan dewasa secara fisik atau umur dapat dilihat langsung melalui bentuk fisik.

Kami akan mengupas tuntas 7 bukti bahwa diri kalian sudah dewasa secara mental. So, mari kita lihat apakah kalian sudah dewasa atau belum

1.   Sadar Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Banyak orang tidak menyadari bahwa menjaga kesehatan fisik dan mental adalah kunci pertama kita dewasa secara mental. Menjaga kesehatan fisik terutama mental merupakan hal yang penting untuk kelanjutan hidup kita, dengan menjaga 2 hal tersebut kita akan merasa lebih happy dalam menjalani hidup.

2.   Berani Bermimpi dan Perjuangkan

Berani bermimpi tanpa adanya aksi perjuangan sama saja bohong. Setiap orang pasti memiliki mimpi sesuai porsi mereka, namun terkadang mereka tidak melakukan aksi atau bergerak untuk mendapatkan dan memperjuangkan mimpinya. Maka dari itu jika kalian berani bermimpi dan memperjuangkannya, selamat kalian sudah dewasa secara mental.

3.   Omongan dan Tindakan Sejalan

Siapa disini yang suka kesal dengan teman kalian yang selalu banyak bicara namun tidak sesuai dengan tindakannya ? Yaps, itulah tanda bahwa mereka belum dewasa secara mental. Omongan dan tindakan yang sejalan menjadi hal yang penting untuk menjadi dewasa secara mental.

4.   Menerima Kritik Yang Membangun

Beberapa orang sangat membenci kritikan atau komentar dari orang lain, mereka menganggap bahwa dirinya sudah benar dan tidak perlu kritikan dari orang lain. Padahal kritik tidak semuanya buruk, Kritik yang membangun sangatlah penting untuk kita karena dengan kritik tersebut kita dapat tumbuh dan berubah menjadi lebih baik lagi. Maka dari itu, yuk mulai terima kritik orang lain yang menurut kalian baik.

5.   Tidak Takut Tampil Seorang Diri

Tampil di depan publik seorang diri merupakan sesuatu yang menakjubkan. Sebagian ada yang merasa takut dan grogi, sebagian lagi ada yang merasa enjoy. Melatih diri untuk tampil didepan publik menjadi hal penting untuk kalian yang ingin dewasa secara mental. Yuk mulai belajar tampil seorang diri dalam hal kecil.

6.   Mengakui Kesalahan dan Meminta Maaf

Sudah hal wajar jika kita meminta maaf setelah melakukan kesalahan, meminta maaf adalah tindakan yang seharusnya untuk memperbaiki hubungan dengan orang yang kita sakiti. Namun bukan berarti dengan adanya permintaan maaf, kalian dengan mudahnya berbuat kesalahan bahkan menyakiti perasaan orang lain. Jika kalian berani mengakui kesalahan dan meminta maaf, kalian sudah layak disebut dewasa secara mental.

7.   Berani Berpendapat dan Mengambil Keputusan

Berani mengungkapkan pendapat dan berani mengambil keputusan adalah suatu hal yang bisa dibilang sangat berani apalagi jika usia kalian belum dewasa. Sebagian orang dewasa kurang berani mengambil keputusan dalam hidupnya karena takut gagal. Ditambah lagi mengungkapkan pendapat dapat membuat kita lega dan tidak merasa tertekan, hal itu sangat baik untuk kesehatan mental. Maka dari itu mulailah berpendapat dan berani mengambil keputusan dimulai dari hal kecil.

Itulah 7 tanda apakah kalian sudah dewasa secara mental atau belum. Jika kalian belum memiliki salah satu dari tanda di atas, yuk mulai melatih mental kalian untuk menjadi pribadi yang lebih berani menghadapi dunia !


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close