Jika kamu seorang mahasiswa tapi ingin dapat tambahan cuan, tepat banget datang ke artikel ini. Saat ini banyak sekali mahasiswa yang kuliah tapi nyambi kerja. Bidang pekerjaannya pun beragam dari yang bekerja di coffee shop, freelance, hingga membuka usaha sendiri.

Menjadi pebisnis gak perlu nunggu lulus kuliah, kamu yang saat ini menjadi mahasiswa bisa banget merintis usaha kecil-kecilan mulai dari sekarang. Gak perlu ide bisnis yang muluk-muluk, kamu bisa banget memulainya dari modal yang kecil dan gampang dilakukan.

Nih mimin bakalan kasih 5 ide bisnis yang cocok bagi mahasiswa tapi gak perlu keluarin modal banyak dan berpotensi untung besar. Penasaran kan?? Simak aja terus yaa

1.    Tutor Online

Saat ini pembelajaran di sekolah hampir semuanya dilakukan secara online. Sehingga perlu memutar strategi agar setiap usaha tetap berjalan. Bagi kamu yang memiliki skill  mengajar, jadi tutor online bisa banget. Sekarang banyak bimbingan belajar online yang sedang mencari tutor online dengan sistem freelance. Selain bermodal internet, gunakan sebaik mungkin kemampuan sesuai bidang studi yang kamu minati ya. Misalnya saat ini kamu menjadi mahasiswa di jurusan Pendidikan Matematika bisa menjadi tutor untuk pelajaran Matematika di tingkat SD, SMP atau SMA.

2.    Thrift Shop

Pernahkah kamu mendengar online shop yang menjual barang bekas?? Mungkin dulu disebut Preloved tapi sekarang ada sebutan lain yaitu Thrifting. Saat ini Thrift Shop menjadi bisnis yang lagi hype banget. Dalam bahasa Indonesia Thrift yaitu hemat, tetapi jika diartikan dalam dunia bisnis Thrifting berarti kegiatan perdagangan yang menjual barang bekas dengan kualitas yang masih bagus. Biasanya berupa pakaian. Millennial banget bukan??

3.    Jasa Desain

Bagi kamu yang punya skill mendesain, membuka jasa desain bisa banget jadi pilihan kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jasa desain juga gak perlu modal banyak, jika kamu memiliki aplikasi software yang mendukung boleh banget kamu menawarkan jasa ini mungkin bisa dimulai dari kerabat terdekat terlebih dulu. Jasa desain cukup beragam mulai dari desain ilustrasi, desain logo, desain brosur, desain kaos, desain kemasan produk dan masih banyak lagi.

4.    Menjual Buku Pelajaran / Novel

Meskipun saat ini serba online, tetapi buku fisik masih sangat diperlukan dan diminati karena mungkin ada beberapa buku yang tidak diterbitkan berupa ebook dan sebagian orang lebih senang membaca buku fisik. Hal ini bisa jadi peluang bisnis buat kamu. Tapi pastikan buku yang kamu punya masih layak untuk dijual dan dibaca ya. Udah gak keluarin modal banyak, kamu pun juga gak perlu wira wiri.

5.    Jasa Titip / Jastip

Buat kamu yang sering banget main sosial media, pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya “Jastip”. Usaha jastip ini terbilang menjadi terobosan baru bagi mahasiswa yang ingin cari cuan yaitu dengan menawarkan beberapa produk kepada orang-orang yang membutuhkan dan ingin membeli produk tersebut tetapi tidak dapat pergi ke outlet yang diinginkan untuk membeli sendiri, produk tersebut bisa kamu posting di akun media sosial kamu. Keuntungan yang kamu dapat yaitu dari fee jasa titip beli itu sendiri. Mudah banget kan??

Apakah kamu calon mahasiswa yang berminat untuk terjun di dunia bisnis?? Pas banget nih. BINUS @Malang telah menawarkan jurusan Entrepreneurship – Business Creation. Jurusan ini merupakan jurusan favorit di BINUS @Malang karena kamu benar-benar akan belajar menjadi seorang entrepreneur muda yang mampu bersaing dalam dunia bisnis sekaligus dan akan mendalami bagaimana menghadapi persaingan pasar saat ini.

Kalau kata Kak Owen Binusian 2021 jurusan Business Creation seperti ini ya “mahasiswa harus bangga dan bersemangat menjadi seorang entrepreneur muda dan selain itu bagi jurusan Business Creation harus lebih banyak mencetak mahasiswa yang berkualitas dan memiliki semangat kompetisi yang baik untuk membawa nama baik jurusan dan kampus BINUS @Malang

jadi , siapkah kamu menjadi bagian dari Business Creation BINUS @Malang?? Segera daftarkan diri kamu ya. Kami tunggu di Kampus Favorit di Jawa Timur ini ^^