Apa aja sih, yang harus dikerjakan seorang desain interior? Ngatur-ngatur ruang tamu, ruang makan, kamar tidur atau mengatur taman, gitu? Kalau gitu doang, pasti semua orang juga bisa.

Eits, bukan gitu dong! Desain Interior lebih dari sekedar mendekorasi sebuah ruangan, loh. Desain Interior adalah proses bagaimana caranya menyusun dan menciptakan elemen-elemen interior agar menjadi satu kesatuan yang bertujuan untuk mendapatkan aspek estetika, kenyamanan sebuah ruangan, kepuasan kebutuhan fisik dan keamanan bagi pemakainya.

Pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Desain Interior merupakan seni dan ilmu yang digunakan untuk memahami kebiasaan manusia dalam suatu ruangan yang bertujuan untuk menciptakan ruangan yang efisien dalam struktur bangunan yang telah dirancang oleh arsitek.

 

Desain Interior Skill-set

Karena dalam bidang ini sangat erat kaitannya dengan seni dan estetika, jadi kamu harus kreatif , percaya diri, dapat  berkomunikasi dengan baik dan mudah beradaptasi. Selain itu, kamu juga harus bisa menyelesaikan suatu masalah, handal dalam bernegosiasi, dapat bekerja individu maupun tim dan cerdas dalam mengatur keuangan.

Seorang Desainer Interior pasti akan sering bertemu dengan banyak klien dan mengatur budget untuk sebuah ruangan yang akan dikerjakan.

Prospek Kerja Seorang Desain Interior

Peluang kerja sebagai Desain Interior akan selalu dibuka karena tingkat ekonomi masyarakat Indonesia dari waktu ke waktu kian membaik. Hal ini dapat membuat berkembangnya permintaan jasa Desain Interior. Naiknya tingkat permintaan didorong oleh banyaknya hunian yang memiliki ruangan yang sempit kurang efisien dalam penataannya sehingga perlu pengoptimalan ruang dengan baik. Dimana Desain Interior dapat bekerja :

  1. Interior Design Consultant
  2. Interior Design Contractor
  3. Furniture Design
  4. Home Accessories Designer
  5. Lighting Designer
  6. Exhibition Designer
  7. Visual Merchandiser
  8. Manufacturer of Interior Accessories

Untuk mendapatkan ilmu dan skill Desain Interior, kamu perlu banyak belajar dengan mengambil langkah untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan mengambil program studi yang sesuai. BINUS UNIVERSITY menjadi solusi utama buat kamu, karena Universitas terbaik ini telah menyediakan jurusan Desain Interior dan sudah banyak lulusan yang telah sukses. BINUS UNIVERSITY memberikan kurikulum Desain Interior yang mencakup pengetahuan desain, pengetahuan seni, praktek desain interior dan pengetahuan pendukung seperti teknologi bangunan, fisika bangunan, sosial, budaya dan ekonomi.

Berpusat di Jakarta, BINUS UNIVERSITY juga memiliki Kampus Terbaik di Jawa Timur yang banyak dikenal sebagai BINUS @Malang. BINUS @Malang menyediakan program Strata 1 Interior Design dengan gelar S.Ds dan telah menciptakan lulusan berbakat yang siap maju kearah yang lebih positif. Yuk, raih cita-citamu dengan menuntut ilmu di BINUS @Malang supaya keinginan menjadi seorang Desainer Interior terkenal dapat segera tercapai.