People Innovation Excellence
 

Profesi Lulusan Teknik Informatika Untuk Generasi Milenial

Informatika merupakan disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan para generasi milenial di era globalisasi yang penuh dengan teknologi ini. Lulusan ilmu komputer diharapkan dapat menjadi ahli dalam sistem operasi, aplikasi, dan komputer sehingga dapat memudahkan semua pekerjaan karena telah di digitalisasi.

Ahli IT dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang mengandalkan teknologi untuk beroperasi, baik perusahaan negeri, swasta, maupun multinasional di berbagai sektor industri. karena perkembangan teknologi saat ini berkembang pesat terutama di bidang IT dan kemampuan atau keahlian IT ini sangat berperan penting bagi sebuah perusahaan atau organisasi dalam mengelola software yang dimiliki.

Banyak jenis pekerjaan baru yang tercipta karena kehadiran sistem IT, di antaranya:

Programmer

Merupakan profesi untuk membuat program berdasarkan lembar spesifikasi software engineering. Skill atau kemampuan yang dimiliki oleh programmer adalah ahli dalam memprogram sistem atau mengembangkan aplikasi di berbagai bidang industri, bertujuan untuk membuat sistem dengan bahasa pemrograman.

Web Engineer/Web Administrator

Ahli dalam merancang, mengembangkan dan memelihara website sebuah organisasi atau perusahaan dan bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional pada sebuah situs web. Biasanya profesi ini banyak dicari oleh perusahaan khusus dalam pengembangan IT dan konsultasi komputer.

Software Engineer

Software engineer merupakan seorang insinyur perangkat lunak yang menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak yang ditujukan untuk desain, pengembangan, pemeliharaan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak. Software engineer memiliki tugas untuk melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, mengimplementasikan dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak untuk menjawab sebuah permasalahan, juga kemampuan untuk mengembangankan dan mengoperasikan perangkat lunak.

Software engineer dewasa kini memang sangat dibutuhkan banyak perusahaan. Saat ini seluruh aspek perusahaan pun akan membutuhkan seorang software engineer untuk menunjang perangkat yang dimiliki agar segala kegiatan atau aktivitas perusahaan lebih efektif dan efisien. Ahli ini dibutuhkan di semua lini industri.

Database Engineer/Database Administrator

Profesi yang mengatur dan mengelola proses arsitektur data pada sebuah perusahaan. Yang mana, infrastruktur tersebut dapat berupa basis data (database), pipeline, atau warehouse. Skill yang dimiliki ialah merancang, mengelola, dan memelihara basis data yang dimiliki perusahaan.

Membangun sistem dan infrastruktur tersebut berkaitan dengan volume data yang berjumlah dan berukuran cukup besar. Jumlah kebutuhan data yang semakin besar tidak mungkin dapat ditampung dengan hanya bermodalkan infrastruktur konvensional saja. Oleh karena itu, mereka ditugaskan untuk membangun sekaligus merancang informasi untuk kepentingan bisnis dan pengembangan produk perusahaan.

Game Developer

Seorang software developer dengan keahlian dibidang pembuatan video game. Pekerjaan spesifik dari game developer adalah pembuat video game. Para game developer menciptakan software untuk berbagai jenis permainan yang dapat diakses melalui berbagai device, mulai dari device permainan video game seperti Playstation atau Nintendo, smartphone (iOS ataupun Android), hingga device berbasis PC atau laptop.

Konsultan IT

Merupakan orang yang yang berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian IT dalam sebuah organisasi atau perusahaan, juga yang menganjurkan clientnya bagaimana menggunakan teknologi informasi agar memenuhi sasaran bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. Konsultan bekerja untuk memperbaiki struktur, efisiensi dan sistem IT organisasi. Konsultan IT dapat terlibat dalam bermacam aktivitas seperti marketing, manajemen proyek, customer relationship management (CRM) dan system development.

Nah, gimana menurut kalian? Tertarik tidak untuk menjadi lulusan Teknik Informatika?

Jika kalian bercita-cita menjadi salah satu profesi dari lulusan teknik informatika, maka kalian harus siap dan tekun mempelajari pemrograman dan pengembangan software. Terutama bagi kalian yang suka dengan dunia software dan game harus dikembangkan, karena bisa membuka peluang besar untuk kalian.

Untuk kalian yang sedang mencari kampus terbaik di Jawa Timur dengan jurusan teknik informatika kami ada solusi nih. BINUS @Malang merupakan kampus favorit dengan fasilitas penunjang belajar yang terbaik untuk mencetak lulusan dan sarjana menjadi entrepreneurs dan memiliki kemampuan dan skill profesional dan handal. Di BINUS @Malang akan mempelajari dan memperdalam tentang pembelajaran seputar programming dan akan mempelajari dari dasar-dasar informatika. wahh cocok sekali kan untuk kalian yang ingin menjadi programmer tapi masih belum punya kemampuan dan keahlian apapun.

 

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close