Ketika mendirikan sebuah perusahaan terdapat tiga aspek yang harus diperhatikan, yaitu aspek oprasional (operational), aspek keuangan (finance), dan aspek pemasaran (marketing). Apakah pemasaran itu? Pemasaran adalah sebuah aktivitas dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan menukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian tumbuh menjadi keinginan manusia. Dapat dikatakan bahwa pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu usaha.

Definisi pemasaran sangat luas. Pengembangan produk, metode distribusi yang akan dilakukan, penjualan produk atau jasa, maupun periklanan termasuk dalam aktivitas pemasaran. Terlebih di era saat ini, pemasaran telah berkembang menjadi pemasaran online dan offline. Kedua konsep ini dipisahkan oleh media perantara pemasaran yang digunakan, dimana pemasaran online menggunakan media internet sedangkan offline tidak.

Apapun jenis pemasaran yang dilakukan, aktivitas pemasaran yang utama dan perlu dilakukan adalah riset pasar. Lebih lanjut, melakukan analisis dan penentuan media pemasaran yang sesuai dengan target pasar yang dituju. Riset pasar penting untuk dilakukan agar nilai produk atau jasa yang akan ditawakan ke pelanggan dapat tersampaikan dengan baik efektif, dan juga tepat sasaran. Disamping itu, pemasaran bertujuan agar konsumen sadar akan keberadaan sebuah produk atau jasa yang berhujung pada peningkatan penjualan produk atau jasa. Ketika aktivitas pemasaran ini berjalan efektif dan mendapatkan respon baik di pasar, maka aspek operasional dan keuangan akan berjalan dengan baik pula.

Referensi:

William G. Nickels, James M. McHugh, and Susan M. McHugh. 2016.Understanding Business, eleventh Edition. Mc Graw Hill.