Pada saat bisnis hendak dilaksanakan ataupun bisnis tersebut mengalami pengembangan skala bisnisnya maka perlu adanya penilaian bisnis untuk mengetahui rincian rencana dan proyeksi aktivitas atau kegiatan pada bisnis tersebut. Terdapat 3 penilaian bisnis yaitu penilaian bisnis yang pertama adalah Rencana bisnis (Business Plan) yang umumnya dibuat oleh pihak internal, lalu penilaian bisnis yang kedua adalah Studi kelayakan Bisnis (feasibility study) yang umumnya dibuat dan dinilai oleh pihak eksternal dan penilaian bisnis yang ketiga adalah Prospektus (Prospectus) dimana biasanya penilaian ini dibuat oleh unit bisnis/perusahaan yang akan melakukan proses penawaran saham perdana pada lantai bursa saham/pasar modal atau dalam kata lain perusahaan ini yang awalnya bersifat perusahaan tertutup menjadi perusahaan yang bersifat perusahaan terbuka (TBK).  Pada ketiga penilaian bisnis tersebut ada satu unsur yang menjadi irisan penting yaitu ASPEK KEUANGAN BISNIS.

Ada 4 bagian keuangan bisnis yang perlu diketahui dan dipahami yaitu Proyeksi Keuangan bisnis, Akuntansi Bisnis, Manajemen Keuangan dan Analisis Laporan Keuangan Bisnis. Bagian proyeksi keuangan adalah alat penting untuk perencanaan strategis, memberikan landasan proyeksi pendapatan, proyeksi aliran kas dan penilaian investasi dari suatu rencana bisnis yang akan dilakukan yang dapat memperkirakan dan menghitung berapa banyak produk baru yang harus dijual untuk menutup investasi awal dari suatu bisnis, dan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik balik modal (payback period) pada usaha tersebut dan menilai apakah bisnis ini layak atau tidak layak dilaksanakan. Selanjutnya pada bagian akuntansi bisnis adalah bahasa penting dari suatu bisnis dimana akuntansi bisnis adalah proses pencatatan, pelaporan, interpretasi keuangan dan analisis informasi aliran dana suatu bisnis. Selanjutnya pada bagian manajemen keuangan adalah kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, serta pengendalian dana dan aset yang dimiliki suatu perusahaan. Bagian akhir yaitu bagian analisis laporan keuangan bisnis yaitu menganalisis dari rencana strategis yang dibuat sebagai bagian dari keuangan bisnis membantu menentukan apakah bisnis/perusahaan memenuhi tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang atau tidak dan juga dapat menganalisis bagaimana perbandingan perkembangan suatu unit bisnis dengan dengan unit bisnis lainnya ataupun dibandingakan dengan rata-rata perfoma industri.

Sehingga dari semua penjelasan tersebut dapat dikatakan KEUANGAN BISNIS dalam penilaian bisnis adalah “GAMBARAN JELAS DARI SUATU KEGIATAN BISNIS”