Pinjaman berjangka dapat menjadi pilihan bagus untuk mendanai inisiatif pertumbuhan bisnis Kita. Apa saja pertimbangannya? Sebagai berikut :

  1. Dengan pinjaman berjangka, pengusaha menerima sejumlah uang sekaligus.
  2. Pinjaman ini dapat digunakan untuk pengeluaran pribadi dan bisnis.
  3. Pinjaman berjangka adalah pilihan yang sangat baik untuk kebutuhan pembiayaan jangka pendek dan jangka panjang.

Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis yang ingin mempelajari apakah pinjaman berjangka adalah pilihan pembiayaan yang tepat untuk bisnis mereka. Karena sebagai pemilik bisnis, kita mengetahui bersama betapa pentingnya berinvestasi dalam peluang pertumbuhan baru. Tetapi pengusaha baru tidak selalu memiliki uang tunai untuk melakukan investasi ini.

Dalam skenario ini, pembiayaan usaha kecil dapat menjadi penyelamat.  Jika pengusaha baru mencari pembiayaan, mungkin mempertimbangkan untuk mengambil pinjaman berjangka. Namun, sebelum berkomitmen pada jenis pinjaman ini, penting untuk memahami apa itu dan bagaimana perbedaannya dari opsi lain di luar sana.

Apa itu pinjaman berjangka? Jika kita pernah meminjam uang, mungkin sebagai tambahan dana agar dapat menarik uang cash di ATM yang memiliki minimal tarik tunak, maka kita sudah terbiasa dengan cara kerja pinjaman berjangka, tentu uang yang kita pinjam harus dikembalikan, dengan perjanjian khusus. Dikasus lain, pembayaran dimuka satu kali yang kita terima dari bank, serikat kredit, atau pemberi pinjaman online.

Pemberi pinjaman menyediakan dana, dan kita membayar kembali pinjaman dengan bunga selama beberapa bulan atau tahun. Tingkat bunga dapat tetap atau variabel dan cenderung lebih rendah daripada tingkat untuk jenis pembiayaan lainnya. Pinjaman berjangka dapat digunakan untuk pengeluaran pribadi dan bisnis. Banyak pemilik bisnis mengajukan pinjaman berjangka untuk mendanai proyek satu kali atau sebagai sarana untuk mencapai pertumbuhan bisnis jangka panjang.

Apa kelebihan dan kekurangan pinjaman berjangka? Seperti semua opsi pembiayaan, pinjaman berjangka memiliki pro dan kontra yang harus kita pertimbangkan sebelum memutuskan suatu tindakan.

Kelebihan :

  1. Perusahaan dapat terdanai kebutuhan pembiayaan jangka pendek. Jika kita perlu membeli aset atau peralatan baru untuk bisnis, pinjaman berjangka bisa menjadi pilihan yang baik. Kita dapat memanfaatkan kesempatan untuk mengembangkan operasi perusahaan, dan pendapatan yang diperoleh akan membantu kita membayar kembali pinjaman tersebut.
  2. Pinjaman cenderung memiliki tarif yang lebih rendah. Pinjaman berjangka umumnya menawarkan suku bunga rendah dan persyaratan pembayaran yang fleksibel. Kita dapat membayar kembali pinjaman selama waktu yang kita butuhkan tanpa menjadi terlalu banyak beban keuangan untuk bisnis.
  3. Pinjaman membantu kita membangun kredit bisnis. Dengan asumsi kita melakukan pembayaran bulanan tepat waktu, pinjaman berjangka bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun kredit usaha kecil kita.

Kekurangan :

  1. Dalam mengajukan pinjaman, relatif sulit untuk lolos. Hal ini dikarena pinjaman berjangka memiliki suku bunga dan persyaratan pembayaran yang menguntungkan,peminjam satu biasanya lebih sulit untuk memenuhi syarat daripada pinjaman lainnya. Kita perlu menunjukkan riwayat kredit yang sangat baik dan memberikan informasi keuangan terperinci kepada pemberi pinjaman kita.
  2. Beberapa pemberi pinjaman akan membutuhkan agunan. Jika pemberi pinjaman kita menganggap bisnis kita sebagai risiko keuangan, mereka mungkin meminta kita untuk memberikan beberapa jenis agunan. Ini dikenal sebagai pinjaman aman, dan jika kita tidak dapat membayarnya kembali, aset pribadi atau bisnis kita berisiko.

Peminjam mungkin mengenakan biaya tambahan. Beberapa pemberi pinjaman membebankan biaya tambahan untuk pinjaman berjangka, seperti biaya originasi. Bergantung pada pemberi pinjaman, Kita bahkan bisa terkena penalti pembayaran di muka jika kita melunasi pinjaman lebih cepat dari ja