People Innovation Excellence
 

Maba Wajib Tahu! Tips Kuliah Sukses ala Marchella FP, Penulis NKCTHI

Pandemi Covid-19 menghalangi berbagai kegiatan dari berbagai bidang, terutama pendidikan. Baik anak sekolah maupun mahasiswa perkuliahan, semua merasakan kesedihan dan merasa tidak semangat dalam menjalani kehidupan sebagai pelajar. Namun, kita tetap harus bersemangat dan beradaptasi dengan situasi saat ini. Hal ini sangat penting, terutama untuk para mahasiswa baru. Di saat kuliah inilah, waktu yang tepat untuk bertumbuh menjadi dewasa, secara mindset dan skill, serta memperbanyak koneksi.

Dalam rangka menyambut, mengarahkan, dan membimbing para mahasiswa baru BINUSIAN 2025, BINUS UNIVERSITY mengadakan webinar : Seminar Week of Welcoming : “University life: I’m Ready!” yang diadakan pada Senin, 30 Agustus 2021. Webinar ini dibawakan oleh 2 pembicara yaitu Greta V. Paramita , M.Psi., Psikolog. selaku dosen BINUS UNIVERSITY dan Marchella Febritrisia Putri, atau yang akrab disapa Marchella FP, penulis buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini yang juga merupakan BINUSIAN 2012 alumni Visual Communication Design – New Media, atau DKV New Media. Acara dipandu oleh Theresia Michelle Counselor dari BINUS @Alam Sutera, selaku moderator.

Webinar dimulai oleh ibu Greta, menyampaikan apa saja yang harus dilakukan dan tantangan apa yang akan dihadapi oleh para mahasiswa, yaitu

  1. Adaptasi realita – ekspektasi, seperti apa yang diharapkan belajar dan apa yang akan diajarkan, dsb
  2. Culture shock, seperti cara belajar perkuliahan, cara berpakaian, dsb
  3. Social adaptation , seperti mencari teman, merasa tidak cocok, dsb
  4. Menghadapi kegagalan hambatan, disini Ibu Greta mengingatkan bahwa mahasiswa jangan terlalu stres jika nilai jelek, tidak apa salah atau gagal, tapi tetap mau aktif belajar dan berorganisasi
  5. Sulit memahami materi, seperti belajar online saat ini, membuat kesulitan memahami materi

Ibu Greta juga menyampaikan bahwa waktu-waktu pembelajaran online ini memberikan banyak manfaat seperti fleksibilitas, lebih efisien, hemat ongkos makan dan transportasi, dan melatih self management. Tapi, disisi lain akan memberikan banyak masalah, seperti menjadi terisolasi, sulit konsentrasi, sulit berinteraksi, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Dengan memahami kemungkinan masalah ini, kita sebagai mahasiswa dapat mencegah hal – hal tersebut terjadi. Berikut tips – tipsnya :

  1. Jadikan kehidupan universitas menjadi kehidupan baru,
  2. Explore kampus,
  3. Ciptakan memori indah dan nikmati. Nikmati masa kuliah ini, yang tidak akan terulang kembali,
  4. Fokus pada kegiatan. Disaat zoom, fokus zoom, aktif dalam zoom,
  5. Do things early and always have a back up, jangan menunda pekerjaan,
  6. Kembangkan cara belajar yang efektif, misal teman belajar, mentor, dsb,
  7. Prioritaskan kewajiban tugas, tunda kesenangan seperti nongkrong, dsb,
  8. Self-care is important. Jika sudah lelah, jangan lupa untuk bersenang – senang,
  9. Build support system, ciptakan circle yang baik dan positif,
  10. Terima kritik dan saran, jangan sombong,
  11. Ciptakan goasl, purpose, agar semangat menjalani hari,
  12. Focus your time and energy on things that can be controlled.

Terakhir, Ibu Gita mengambil kutipan dari Stephen Covey, “Begin with the end in mind !” ingat selalu tujuan akhir kita dalam setiap kegiatan, agar fokus dan semangat dalam menjalani perkuliahan

Selanjutnya, Marchella FP juga memberikan sharing kepada para peserta, seperti pengalamannya, mulai dari struggling mengerjakan tugas, kesalahan menunda pekerjaan, kesenangan bersama teman – teman, hingga apa motivasinya setiap hari. Marchella berkata bahwa pengalaman kuliah dan cara kerja kuliah sangat bermanfaat di dunia kerja. Bagaimana proses beradaptasi, bagaimana memprioritaskan pekerjaan dan mengatur waktu.

“Cari teman, cari koneksi sebanyak-banyaknya, berlaku baik, jangan jahatin orang” pesan Marchella kepada para BINUSIAN 2025.

Webinar pun diakhiri dengan tanya jawab dan kuis berhadiah. Semoga dengan webinar ini, para BINUSIAN tidak sedih dan lesu lagi, tapi menjadi semangat menjalani hari, menjadi lebih berani dalam bertemu teman baru, jangan pernah menyerah, dan semoga impian kita semua dapat tercapai.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close