Industri Pariwisata merupakan salah satu industry yang berpotensi dalam peningkatan perekonomian diantaranyanya memberikan kontribusi nyata dalam perolehan devisa Negara dan juga pendapatan masyarakat yang tercipta dari usaha-usaha kepariwisataan yang dikembangkan. Perkembangan pariwisata saat ini akan mengandalkan teknologi digital untuk mengakselerasi pertumbuhannya dan dalam menghadapi destinasi wisata berkonsep kekinian. Pandemi corona virus (COVID-19) yang telah melanda seluruh dunia dalam hitungan minggu tidak hanya memiliki dampak signifikan pada kesehatan masyarakat, tetapi juga sangat mempengaruhi salah satu ekonomi global diantaranya yaitu industri pariwisata.(Masrul et al. 2020)

Untuk meningkatkan industry Pariwisata saat ini, potensi yang bagus dikembangkan adalah Gastronomy Tourism. (Stanley and Stanley 2014). Pengertian Gastronomy Tourism or Culinary tourism or food tourism is the exploration of food as the purpose of tourism. It is now considered a vital component of the tourism experience. Dining out is common among tourists and “food is believed to rank alongside climate, accommodation, and scenery” in importance to tourists(Yeoman et al. 2021)

Potensi Gastronomic Tourism itu sangat besar (Gheorghe, Tudorache, and Nistoreanu 2014) dimana biasanya tumbuh bersama atau berkolaborasi dengan wisata budaya, olah raga dan aktivtas masyarakat dalam kegiatan wisata khususnya dibidang kuliner berupa makanan dan minuman. Hal ini menyebabkan munculnya makanan dan minuman local festival, serta peningkatan minat di pasar local.

Dengan adanya potensi sumberdaya alam yang bagus dan budaya yang menarik diharapkan program Gastronomiy tourism mampu mengembalikan kondisi pariwisata yang sedang lesu untk bisa bangkit dan berkembang.

REFERENCES
Gheorghe, Georgică, Petronela Tudorache, and Puiu Nistoreanu. 2014. “Gastronomic Tourism, a New Trend for Contemporary Tourism.” Cactus Tourism Journal 9(1): 12–21.
Masrul, Masrul et al. 2020. Pandemik COVID-19: Persoalan Dan Refleksi Di Indonesia. Yayasan Kita Menulis.
Stanley, John, and Linda Stanley. 2014. Food Tourism: A Practical Marketing Guide. Cabi.
Yeoman, Ian et al. 2021. “Future Proofing the Success of Food Festivals Through Determining the Drivers of Change: A Case Study of Wellington on a Plate.” Tourism Analysis 26(2–3): 167–93.