People Innovation Excellence
 

EKONOMI KREATIF MAKIN TUMBUH DI JAWA TIMUR

Bagi kalian yang ada di Provinsi Jawa Timur ada kabar baik nih! Kabarnya dalam 3 tahun terakhir, perkembangan ekonomi kreatif  di provinsi ini sangat pesat. Selain didukung dengan cara berpikir generasi muda yang punya banyak ide, provinsi Jawa Timur memiliki infrastruktur terbaik untuk mendukung para pelaku ekonomi kreatif. Selain itu ketersediaan program aktivitas inkubator bisnis kreatif memang semakin banyak, terutama dari kalangan Universitas-Universitas Swasta di Surabaya dan Malang. Di masa pandemi, bisnis kreatif di Jawa Timur juga menjadi senjata pamungkas untuk mengangkat ekonomi masyarakat.  Jadi tidak heran ya kalau provinsi ini selalu menjadi contoh bagi pengembangan ekonomi, khususnya untuk Indonesia bagian Timur.

UMKM dan STARTUP JADI PAHLAWAN DI JAWA TIMUR

Menariknya, ternyata sebagian besar kontribusi sektor ekonomi di Jawa Timur itu didukung dari para UMKM dan Startup. Inilah yang akhirnya menjadi konsentrasi pemerintah bersama berbagai Universitas untuk membina, mengawasi dan mendampingi pelaku ekonomi kreatif agar lebih maju dan berkembang. Bener-bener era yang tepat untuk sukses bagi kalian yang suka dengan “ide liar” nih.

Sektor Ekonomi Kreatif terbukti jadi faktor paling strategis bagi pertumbuhan perekonomian Kota Malang. Hebatnya, di tengah terpaan pandemi Covid-19, Ekonomi Kota Malang tumbuh dalam kisaran 3,83 persen hingga 4 persen. Data tersebut termasuk anomali positif nih, karena justru di saat krisis Kesehatan, Malang malah bisa bergerak tumbuh di angka 3,83 persen sampai 4 persen. Padahal seluruh Indonesia itu minus 6 persen.

Ternyata, Kota Malang berada di provinsi Jawa Timur tidak hanya dikenal sebagai kota pariwisata saja, namun juga dikenal sebagai kota ekonomi kreatif. Universitas Swasta yang paling concern terhadap perkembangan tersebut di Malang adalah BINUS. Universitas Swasta ini  sangat tertarik untuk ikut serta berkontribusi pendidikan modern di kota Malang. Perguruan tinggi yang bermula dari sebuah tempat kursus komputer ini, adalah salah satu dari jajaran universitas terbaik di Indonesia. Berbagai program studi yang selalu up-to-date dengan perkembangan zaman membuat BINUS menjadi pilihan bagi para lulusan SMA. Kampus ini memang luar biasa karena sudah telah memiliki 8 kampus yang tersebar di berbagai kota, mulai dari Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, Bandung dan yang terakhir di Malang. Sepertinya BINUS sangat memahami bahwa Malang memang memiliki potensi terbaik dalam melahirkan para pelaku bisnis kreatif.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close