Halo gaes, apakah dari kalian saat ini kebingungan membuat ide kreatif untuk suatu hal entah ide jualan, ide program kerja, ide konten kreator atau ide-ide lainnya yang membutuhkan kreativitas tinggi agar hasil dari ide tersebut dilirik oleh masyarakat??

Sebenarnya mudah kok untuk kita membangun ide kreatif yang penting ada niatnya dulu ya gaes. Jadi dapat dipastikan tingkat kreativitas masing-masing individu pasti berbeda.

Berikut 4 cara mudah membangun ide kreatif dan pastinya dapat dilakukan dimana saja:

1.    Jadilah orang yang penasaran akan sesuatu hal yang baru

Pasti dari kalian sering banget kan bertanya-tanya “apasih ini” “apasih itu” “kok bisa gini ya”. Nah mulai sekarang kalian bisa cari tahu langsung dari sumbernya ataupun dari berbagai sumber kedua misalnya internet atau media sosial. Sayang banget kan kalau punya internet tapi tidak digunakan dengan baik.

Dengan kalian kepo-kepo akan suatu hal, dijamin kalian akan mengetahui banyak hal baru dan bisa dijadikan salah satu ide kreatif kalian

2.    Bacalah buku atau bisa juga membaca dari berbagai platform

Saat ini teknologi semakin canggih, kalian bisa juga membaca buku non fisik yaitu e-book. Atau kalian juga bisa membaca dari berbagai platform yang pastinya update setiap harinya. Dengan kalian sering membaca, secara tidak langsung kalian akan menemukan ide-ide kreatif dengan sangat mudah. Karena apa yang di dalam teori bisa langsung kalian terapkan dan kembangkan

3.    Saling sharing dengan teman atau mentor

Hal ini pastinya sering dilakukan oleh beberapa orang yang ingin membangun suatu ide dengan cara bertukar pikiran bersama teman atau mentor yang pastinya telah berpengalaman dengan bidang yang kalian bicarakan. Ataupun kalian hanya sekedar bertukar pendapat dengan mereka. Dengan cara ini dijamin pasti kalian akan brainstorming untuk menemukan ide kreatif bahkan solusi yang tepat.

4.    Traveling

Siapa nih yang suka traveling?? Ternyata traveling bisa banget membangun ide kreatif kalian. Tidak perlu jauh-jauh, kalian bisa kok mengunjungi tempat-tempat baru di daerah kalian ataupun bersantai di lingkungan outdoor. Jadi traveling kalian gak sia-sia ya bisa kalian manfaatkan untuk berpikir membangun suatu ide yang kreatif.

Selain 4 hal di atas, kita juga butuh teori-teori untuk membangun ide kreatif yang diajarkan di suatu lembaga pendidikan. Salah satu Universitas swasta di Malang juga mendukung kreatifitas dari semua mahasiswanya yaitu Binus University @Malang. Disini kalian akan menemukan beberapa jurusan yang semuanya diharapkan dapat membangun ide kreatif mahasiswa dan telah terbukti bahwa mahasiswanya telah menghasilkan sesuatu yang bermanfaat di luar kampus. Selain dalam bidang akademik, Binus University @Malang juga memiliki UKM yang membangun ide kreatif kalian. Buktikan diri kalian kepada orang lain bahwa kalian bisa. Jadi tunggu apalagi, membangun ide kreatif gampang banget kan.