Pandemi Covid19 yang tak kunjung usai membuat masyarakat di seluruh dunia harus berusaha lebih keras untuk tetap bertahan hidup. Indonesia salah satunya. Saat ini ditengah tingginya angka penderita Covid-19, perekonomian pun terasa lesu. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mati-matian membuka usaha dan melakukan jual beli demi menafkahi keluarga. Apakah tidak ada jalan keluar dari pandemi ini? Bagaimana cara masyarakat dapat melewati situasi sulit ini?

Kondisi yang sulit ini membuat BINUS UNIVERSITY mengambil inisiatif untuk memberikan solusi. Dengan mengundang rekan-rekan media, BINUS UNIVERSITY mengadakan BINUS Online Talks With Journalist – Technology for Empowerment and Social Transformation. Di kesempatan ini, Bapak  Stephen Wahyudi Santoso, BSE, MSIST selaku President of BINUS Higher Education dan Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY  memberikan pemaparan mengenai rencana dan tindakan BINUS UNIVERSITY ditengah masa pandemi ini dalam mengatasi masalah pendidikan.

Setelah pemaparan, rekan-rekan media yang hadir memberikan pertanyaan dan berdiskusi dengan Prof Har dan Bapak Stephen. Online talk ini dimoderatori oleh Bapak  Haris Suhendra, S.Kom., M.M, selaku Senior Manager Corporate Marketing Communication BINUS University. Acara dimulai dengan pemaparan oleh Prof Har dan Pak Stephen.

“Dalam hal berkomitmen, yang diperlukan adalah kesadaran, kesungguhan, ketulusan, keikutsertaan perguruan tinggi dari semua komponennya untuk membantu masyarakat.” Ujar Prof. Har.

Menurut Prof. Har, dalam menghadapi pandemi ini, BINUS UNIVERSITY menyambut Dies Natalis-nya dengan ucap syukur melalui Apresiasi kepada berbagai media yang telah memberikan tanggapan masyarakat, sehingga bersama media, BINUS UNIVERSITY bisa memberikan solusi dan kontribusi.

Lalu, Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan rekan media mengenai bagaimana BINUS UNIVERSITY menyakinkan orang tua, bahwa BINUS adalah tempat yang tepat bagi anak-anak mereka. Mengenai hal tersebut, BINUS UNIVERSITY akan mendidik para mahasiswa untuk memiliki “integritas”. Disini, mahasiswa akan belajar untuk jujur, untuk memiliki tanggung jawab, bahwa dirinya memiliki dampak bagi lingkungan masyarakat. BINUS juga memiliki multi-kampus, sehingga mahasiswa akan merasakan kualitas dan mampu mendapat koneksi yang lebih luas lagi. Pada kesempatan ini juga, BINUS UNIVERSITY memberikan video tentang pembangunan BINUS @Semarang.

Selain itu penerapan “Kampus Merdeka” di BINUS UNIVERSITY Prof. Har memberi jawaban bahwa di BINUS UNIVERSITY sendiri telah menerapkan program 3+1 dan multi channel learning, dimana mahasiswa berkesempatan untuk belajar di luar negeri, menjadi entrepreneur, magang, research atau community development selama 1 tahun. Para mahasiswa pun berkesempatan belajar di kampus BINUS UNIVERSITY yang lain selama 1 tahun. Sehingga, dengan adanya kampus merdeka ini, BINUS UNIVERSITY bisa memberikan kesempatan makin luas terhadap mahasiswanya.

Demikian lah usai acara online talk dengna jurnalis. Diharapakan dengan online talk ini, visi misi BINUS UNIVERSITY dapat tersampaikan kepada masyarakat, dan masyarakat bersedia turut serta sebagai kontributor dalam pengembangan Indonesia. semoga para binusian juga tetap semangat, dan Selamat Ulang Tahun BINUS UNIVERSITY yang ke 40 tahun. Together with BINUS, we can foster and empower the society in building and serving nation!