Apa yang tidak pernah berubah? Apapun di dunia ini selalu berubah, sebuah ungkapan yang tidak bisa dibantah. Makhluk hidup yang terdiri atas manusia, hewan dan tumbuhan, semua mengalami perubahan. Berawal dari kecil, tumbuh menjadi besar dan akhirnya mati, kembali ketanah. Lebih jauh, dalam pengembangan ilmu pengetahuan Charles Darwin mengemukanan bagaimana perubahan manusia. Melalui proses yang panjang, evolusi manusia dimulai dari kera berubah menjadi manusia seperti sekarang.

Bukan hanya makhluk hidup, benda mati sekalipun mengalami perubahan. Kita ambil contoh batu, sebuah batu besar yang kelihatan kokoh akan berubah seiring perkembangan waktu. Warnanya yang dulu hitam pekat menjadi pudar oleh sengatan matahari dan guyuran hujan. Batu yang dulunya kokoh lama kelamaan menjadi rapuh dan terkikis. Perubahan benda mati tidak sebatas karena factor alam, pemanfaatan oleh manusia juga menjadikan sebauh benda berubah.

Perusahaan-perusahaan besar yang ada rata-rata dulunya juga kecil. Perusahaan kecil yang dikerjakan sendiri oleh sang pemilik dengan tekun, lama kelamaan menjadi besar. Karyawannya bertambah menjadi ribuan orang dengan omsetnya ratusan milyar. Dalam perkembangannya dari kecil menjadi besar ada proses perubahan.

Dunia dulu sulit dijelajahi oleh manusia, akibatnya komusikasi sangat terbatas. Perkembangan teknologi membantu mengatasi masalah ini. Perlu waktu bertahun-tahun untuk berkomunikasi  dengan orang lain di benua yang berbeda, karena harus bertatap muka. Surat akhirnya membantu memudahkan komunikasi, kemudian muncul telepon, email dan sekarang teknologi internent memudahkan hubungan antar manusia damanapun berada.

Setiap tahapan perkembangan baik makhluk hidup, benda mati, perusahaan dan teknologi ada proses perubahan. Perubahan ada dua jenis, yaitu: revolusi (perubahan secara cepat) dan evolusi (perubahan yang terjadi secara perlahan). Secara umum hampir semua perubahan terjadi secara perlahan, meskipun ada juga perubahan secara cepat. Begitulah kenyataan didunia ini, semua mengalami perubahan. Jika demikian berarti tugas manusia adalah beradaptasi dan mengelola perubahan. Salam Sukses-KL