Istilah bit dan byte dalam jaringan komputer mengacu pada unit standar data digital yang dikirimkan melalui koneksi jaringan. Ada 8 bit untuk setiap 1 byte. Awalan “mega” dalam megabit (Mb) dan megabyte (MB) seringkali merupakan cara yang diminati dalam mengekspresikan kecepatan transfer data karena sebagian besar kecepatan transfer data berkaitan dengan bit dan byte dalam ribuan. Misalnya, jaringan rumah Anda mungkin dapat mengunduh data pada 1 juta byte setiap detik, yang lebih tepat ditulis sebagai 8 megabit per detik, atau 8 Mb/s.

Berikut Perbedaan antara Bit dan Byte dalam Sistem Komputer

1. Cara Komputer Merepresentasikan Informasi: Bit, Byte

Komputer menggunakan istilah bit yang merupakan kependekan dari binary digits untuk merepresentasikan informasi dalam bentuk digital. Bit komputer adalah nilai biner. Ketika direpresentasikan sebagai angka, bit memiliki nilai 1 atau 0. Komputer menghasilkan bit dari tegangan listrik yang lebih tinggi dan lebih rendah yang mengalir melalui sirkuit perangkat. Adaptor jaringan komputer mengubah voltase ini menjadi 1 dan 0 yang diperlukan untuk mentransmisikan bit secara fisik melalui tautan jaringan, suatu proses yang disebut encoding. Metode encoding pesan dalam suatu jaringan dapat dikatakan bervariasi karena hal ini tergantung pada media transmisi. Koneksi Ethernet membawa bit menggunakan sinyal listrik dari berbagai voltase. Wi-Fi membawa bit menggunakan sinyal radio dari frekuensi yang berbeda-beda. Koneksi serat menggunakan getaran cahaya untuk membawa bit. Di sisi lain, byte merupakan urutan bit yang panjangnya tetap. Komputer mengatur data menjadi byte untuk meningkatkan efisiensi pemrosesan data dari peralatan jaringan, disk, dan memori.

2. Perbedaaan Penggunaan Bit dan Byte dalam Jaringan Komputer

Penggunaan bit dan byte juga ditemukan pada jaringan komputer. Contohnya dapat dilihat pada alamat IP dalam jaringan Internet Protocol version 4 (IPv4) yang terdiri dari 32 bit (4 byte). Misalnya pada alamat 192.168.0.1, memiliki nilai 192, 168, 0 dan 1 untuk masing-masing byte. Bit dan byte dari alamat itu disandikan sebagai berikut 11000000 10101000 00000000 00000001. Kecepatan perjalanan data melalui koneksi jaringan komputer biasanya diukur dalam satuan bit per detik atau bit per second (bps). Jaringan modern mampu mentransmisikan jutaan atau miliaran bit per detik, masing-masing disebut megabit per detik atau megabits per second (Mbps) dan gigabit per detik atau gigabits per second (Gbps).

Baca Juga: Statistical Process Control

3. Kecepatan Koneksi antara bit dan Byte

Kecepatan koneksi Gigabit Ethernet dapat mencapai 1 Gbps sedangkan router broadband nirkabel (wireless broadband routers) menawarkan kecepatan koneksi yang berbeda tergantung pada bentuk Wi-Fi yang digunakan. Kecepatan umum yang didukung oleh router meliputi 54 Mbps, 150 Mbps, dan 600 Mbps. Jadi, jika Anda mengunduh file 10 MB (80 Mb) di jaringan yang dapat mengunduh data di 54 Mbps (6,75 MB), maka file tersebut dapat diunduh dalam satu detik. (80/54 = 1,48 atau 10/6,75 = 1,48). Periksalah seberapa cepat jaringan Anda dalam mengunduh dan mengunggah data dengan situs uji kecepatan internet. Sebaliknya, perangkat penyimpanan komputer seperti stik USB dan hard drive mentransfer data dalam satuan byte per detik atau bytes per second (Bps). Jangan sampai bingung karena byte per detik adalah Bps, dengan huruf B, sedangkan bit per detik menggunakan huruf kecil b.

4. Nilai Konversi Manual Bit dan Byte

Sangat mudah untuk mengonversi nilai bit dan byte secara manual ketika Anda mengetahui hal berikut. 8 bit setara dengan 1 byte, sedangkan 1.024 byte setara dengan 1 kilobyte. Kemudian, 1.024 kilobyte sama dengan 1 megabyte, sedangkan 1.024 megabit sama dengan 1 gigabyte. Lalu, 1.024 gigabyte sama dengan 1 terabyte.

Sebagai contoh, untuk mengubah 5 kilobyte menjadi bit, maka 5 kilobyte adalah setara dengan 5.120 byte dari (1.024 x 5) dan kemudian setara dengan 40.960 bit yang didapatkan dari (5.120 x 8). Dengan demikian, 5 kilobyte sama dengan 40.960 bit. Cara yang jauh lebih mudah untuk mendapatkan konversi ini adalah dengan menggunakan kalkulator seperti Bit Calculator.

Sumber:

https://www.lifewire.com/the-difference-between-bits-and-bytes-816248