People Innovation Excellence
 

Profesi/Karir dalam Bidang User Experience

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai profesi/karir dalam bidang User Experience, perlu diketahui apa itu User Experience. User Experience adalah bidang ilmu dalam Information Technology yang mempelajari bagaimana interaksi dan persepsi yang dimiliki pengguna saat menggunakan suatu produk dan mengaplikasikannya kedalam produk yang ada untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. User Experience sangat penting sekali dimiliki oleh setiap produk yang digunakan oleh manusia, mulai dari barang-barang yang dapat temui sehari-hari seperti pintu, pendingin ruangan (AC), sampai dengan software yang digunakan oleh perangkat-perangkat elektronik. User Experience yang baik akan memberikan dampak positif kepada pengguna dan pemilik produk, di satu sisi pengguna akan merasa nyaman dan puas dengan produk yang ada dan akan memakainya berulang kali sedangkan untuk sisi pemilik produk adalah profit yang lebih banyak karena pengguna akan terus memakai produk mereka. Perkembangan User Experience yang terjadi saat ini juga memberikan prospek profesi/karir yang banyak dalam bidang User Experience karena ilmu ini pastinya digunakan tidak hanya dalam bidang Information Technology saja tetapi juga bidang-bidang lainnya.

Profesi pertama yang dapat diambil dalam bidang User Experience adalah UX researcher. UX researcher biasanya melakukan penelitian mengenai pengguna dan produk berdasarkan data-data kualitatif dan kuantitatif sehingga akan membantu membuat suatu produk yang dapat memenuhi kebutuhan target pengguna. Profesi kedua adalah UX writer, UX writer sendiri fokus untuk membuat teks yang ada pada produk dapat secara efektif memberikan pengguna pemahaman yang lebih dalam mengenai produk melalui teks yang ada. Teks yang ada dalam produk sendiri sangat penting untuk kemudahan penggunaan produk, jika produk menggunakan teks atau kata-kata yang tidak familiar maka produk akan susah untuk digunakan sehingga peran UX writer sangat penting dan seringkali dicari belakangan ini.

Profesi lainnya dalam bidang UX adalah Information Architect, Information Architect berfokus ke dalam bagaimana informasi dan konten dalam produk terorganisir secara baik untuk kemudahan navigasi dalam suatu produk. Information Architect biasanya akan melakukan penjabaran terkait produk dan pengguna itu sendiri dan memahami bagaimana pengguna memahami isi dari suatu informasi/konten yang ada dan dianalisis sehingga dapat membuat hierarki konten/informasi yang baik untuk produk yang dibuat.

Profesi terakhir yang akan saya bahas adalah Interaction Designer, Interaction Designer memiliki tugas untuk mendesain interaksi dan fungsi yang ada dalam suatu produk. Interaksi dan fungsi dalam produk penting sekali karena akan dapat memudahkan pengguna untuk menyelesaikan tugas yang ingin dilakukan, jika interaksi yang diberikan buruk biasanya akan memperpanjang dan memperumit penyelesaian suatu tugas yang ingin dilakukan oleh pengguna. Bidang User Experience juga memiliki profesi-profesi lainnya dan dapat berkembang dalam masa yang akan mendatang karena potensi User Experience yang sangat besar dalam banyak ilmu dan industri yang ada pada era teknologi pada saat ini.


Published at :
Written By
Mirza Ramadhani, S.Kom., M.Kom.
Faculty Member | Binus University - Computer Science Study Program @Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close