Model bisnis selalu mengalami perubahan pada setiap revolusi industri. Penyebaran teknologi digital secara massive menjadi ancaman bagi pelaku bisnis konvensional karena dapat mengubah model dan proses bisnis mereka. Bisnis yang dilakukan sebelum munculnya era internet menghadapi tantangan yang cukup berat karena banyak aturan dan prinsip dasar bisnis yang berbeda di era pra-digital yang tidak lagi dapat diterapkan. Bisnis pra-digital tidak akan ter gantikan sepenuhnya, namun percepatan era digital tidak bisa dihindari dengan berkembangnya teknologi.

Transformasi digital bukan hanya tentang pemanfaatan infrastruktur teknologi namun juga tentang strategi dan cara berfikir untuk menemukan ide dan inovasi bisnis. Hal tersebut dibuktikan dengan memanfaatkan teknologi akan mampu mengoptimalkan proses bisnis sehingga bisnis dapat berjalan secara efektif dan efisien dengan kata lain proses bisnis akan berjalan lebih cepat  dengan pengeluaran biaya yang rendah sehingga mampu meningkatkan keuntungan perusahaan. Sebagai contoh bisnis yang menghadapi tantangan di era digital yaitu Encyclopaedia Britannica.

Buku cetak Encyclopadia dan Wikipedia digital

Gambar: Buku cetak Encyclopadia dan Wikipedia digital

Encyclopaedia Britannica merupakan penerbit buku ensiklopedia yang mampu menjual buku dalam jumlah yang cukup massive selama 2,5 abad di mulai pada pertengahan abad ke-17. Buku tersebut berisikan pencapaian dan sejarah peradaban manusia, mulai dari perang hingga penemuan penting dunia. Beberapa ilmuwan dan sejarawan ternama pun turut ambil bagian dalam penulisan artikel di Britannica. Sir Walter Scott, Robert Malthus, hingga Albert Einstein pernah menyumbang tulisan pada ensiklopedi tersebut. Pada tahun 1980-an penjualan Britannica jilid 3 mengalami kenaikan dua kali lipat, tanpa adanya pesaing ensiklopedia di pasar. Situasi ini membuat Encylopaedia Britannica sebagai sebuah perusahaan yang di ibaratkan memiliki masa depan cerah tanpa adanya hambatan penjualan di pasar.

Namun dengan percepatan teknologi, perusahaan Britannica tidak mampu untuk beradaptasi ketika teknologi internet dan komputer mulai digunakan oleh para kompetitor bisnis nya pada tahun 1990-an. Mengakibatkan penjualan mengalami penurunan dari 117.000 pada tahun 1990 menjadi hanya 51.000 pada tahun 1994. Pada tahun 1996, penjualan di Amerika Serikat hanya mencapai 17% dari penjualan tahun 1990. Hal tersebut disebabkan karena banyak ensiklopedia mulai bermunculan salah satunya Microsoft Encarta, yang kemudian menjadi pesaing utama mereka. Meskipun ketika Britannica memutuskan untuk mendigitalkan produk mereka, akan tetapi harga yang ditawarkan masih lebih tinggi dari kompetitor mereka, hal tersebut malah memperburuk kondisi perusahaan. Konsumen baru merespons produk Britannica pada 1997 ketika Britannica memutuskan untuk menurunkan harga jual nya.

Pada 1998, Britannica memegang 25 persen pasar penjualan ensiklopedia digital dalam bentuk CD. Munculnya internet pun membawa sejumlah tantangan baru bagi perusahaan itu. Dengan mudahnya akses internet untuk memperoleh pengetahuan secara gratis, produk Britannica kembali mengalami keadaan yang cukup sulit. Pada 1997, hanya sekitar 12.000 orang yang berlangganan versi online ensiklopedi tersebut, Britannica Online. Dari jumlah pelanggan itu, Britannica hanya memperoleh kurang dari satu juta dolar AS dalam satu tahun.

Pada akhirnya di tahun 2012, Britannica memutuskan untuk menghentikan proses produksi buku cetak mereka. Seperti dilaporkan New York Times, keputusan itu diambil setelah melihat kenyataan yang ada pada era digital dimana memiliki kompetitor ensiklopedi yang menawarkan produknya secara gratis berbasis web yakni wikipedia. Study case tersebut membuktikan bahwa betapa pentingnya beradaptasi dan transformasi di era bisnis digital. Selain itu, memiliki ide dan inovasi serta strategi dengan mengaplikasikan menggunakan teknologi yang tepat akan mampu menghadapi persaingan bisnis pada era digital secara kompetitif.

 

Referensi:

  1. Book of The Digital Transformation Playbook: Rethink Your Business for the Digital Age
  2. https://tirto.id/sejarah-encyclopaedia-britannica-raksasa-tumbang-melawan-zaman-daPn