Sumber gambar: https://www.mas-software.com/wp-content/uploads/2021/02/Marketplace.jpg

 

Seiring berkembangnya zaman, penggunaan jaringan internet merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi kehidupan sehari-hari masyarakat. Bahkan, dapat dikatakan bahwa internet memiliki peran yang besar dalam membantu kelancaran aktivitas masyarakat, seperti belajar, mengakses berita atau informasi, hiburan, bahkan transaksi jual beli barang atau jasa. Seperti yang telah diketahui, saat ini telah banyak platform yang dirancang khusus dengan tujuan utama sebagai media yang dapat digunakan masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Salah satu jenis platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah marketplace. Marketplace merupakan suatu platform jual beli barang yang berperan sebagai perantara atau pihak ketiga dalam suatu transaksi jual beli yang dilakukan secara online. Dengan kata lain, marketplace hanya berperan sebagai media masyarakat untuk berjualan serta penyedia fasilitas pembayaran transaksi. Adapun contoh dari marketplace yang telah ada, yakni Shopee, Tokopedia, Lazada, BliBli, dan sebagainya.

Sumber gambar: https://jokowarinoblog.com/vip/wp-content-/upload/2020/02/Pengertian-Marketplace-Adalah-Jenis-dan-Contoh.jpg

 

Peningkatan angka penggunaan internet tentu sangat berpengaruh terhadap peningkatan penggunaan layanan aplikasi marketplace sebagai media bagi masyarakat untuk berbelanja secara online. Pada dasarnya, suatu marketplace akan dapat berkembang dengan baik apabila marketplace tersebut mampu memiliki angka loyalitas pengguna (consumer loyalty) yang tinggi. Loyalitas atau kesetiaan pengguna terhadap suatu aplikasi dapat dipengaruhi oleh pengalaman mereka ketika berinteraksi atau menggunakan aplikasi tersebut. Pengalaman pengguna terhadap suatu aplikasi dapat disebut sebagai user experience (UX). Oleh karena itu, untuk menarik minat pengguna dalam menggunakan layanan suatu marketplace, maka aplikasi dari marketplace tersebut harus dirancang sedemikian rupa dengan desain yang menarik namun tetap mudah untuk dipahami dan digunakan. Hal tersebut tentunya juga dapat mempengaruhi kesenangan atau kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, keamanan dalam proses transaksi jual beli yang dilakukan juga harus terjamin guna mempengaruhi niat pengguna dalam menggunakan kembali aplikasi tersebut. Dengan kata lain, suatu aplikasi marketplace dapat dikatakan memiliki desain UX yang baik apabila aplikasi tersebut memiliki tampilan yang menarik, sederhana, mudah diingat dan digunakan, dapat memenuhi kebutuhan personal pengguna secara tepat, serta dapat menjamin keamanan data penggunanya.