Perkembangan TIK di era saat ini, gadget lebih banyak diminati daripada komputer. Selain gadget yang mudah dibawa, sebagian besar aplikasi yang ada dikomputer juga ada pada gadget. Hal tersebut memungkinkan penggunaan gadget dalam proses pembelajaran lebih optimal. Salah satu teknologi dalam gadget yang sudah dikembangkan adalah teknologi virtual reality .

Definisi industri tentang VR berevolusi dari terminal ke pengalaman yang mendalam. Dengan pengembangan teknologi dan ekosistem industri yang berkelanjutan, konsep VR akan terus berkembang. Oleh karena itu, diskusi industri tentang VR tidak lagi terbatas pada faktor bentuk terminal atau bagaimana VR direalisasikan. Alih-alih, fokusnya sekarang mengalami, menekankan teknologi utama, ekosistem industri, dan inovasi terintegrasi dalam berbagai aspek aplikasi. Peningkatan pengalaman mendalam tergantung pada terobosan dan kemajuan teknologi relevan, yang merupakan proses pengembangan bertahap.

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan hingga tahun 2020, ternyata belum banyak sekolah yang mencoba aplikasi virtual reality ini untuk membantu dalam proses blended learning. Menghadapi realita ini, aplikasi virtual reality bisa diterapkan dalam proses blended learning yang nantinya akan dapat kita ketahui apakah aplikasi ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa atau tidak.

Gambar 1. Contoh Video Implementasi pengembangan konten VR Power Plant
Sumber : youtube

 

Dengan adanya aplikasi virtual reality ini akan menjadi sebuah inovasi baru dalam membantu proses pembelajaran. Implementasi permodelan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pembelajaran AR/VR di Asia Tenggara. Dengan ini semua siswa diharapkan tidak akan bosan dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. Kemudahan penggunaan aplikasi ini, siswa dapat mengulangi atau mempelajari kembali saat di rumah karena aplikasi ini dapat terinstal dalam masing-masing gadget siswa dan mudah dalam penggunaanya. Hasil yang diperoleh akan menentukan kurikulum yang sesuai untuk pendidikan Pendidikan Menengah se Asia Tenggara.