People Innovation Excellence
 

Dies Natalis 10 Tahun Business Law Program: Perayaan Kontribusi Nyata untuk Hukum di Indonesia dan Dunia

Sabtu, 5 Juni 2021 – Business Law Program BINUS UNIVERSITY baru saja merayakan Dies Natalis yang ke-10 tahun. Hal ini menandakan kesungguhan Business Law Program dalam berkontribusi membina dan memberdayakan masyarakat Indonesia dalam bidang hukum bisnis. Selama 10 tahun ke belakang, prestasi dan pencapaian yang diperoleh oleh Business Law Program pun sangat beragam. Berbagai prestasi yang telah diraih diantaranya adalah unggulnya Digital Content yang dimiliki oleh Business Law Program.

Hal tersebut terbukti dari website Business Law Program yang telah dikunjungi oleh 1,75 juta pengunjung hingga tahun 2020 lalu. Tidak hanya itu, sejumlah dosen Business Law Program telah banyak diundang oleh perguruan tinggi luar negeri seperti Universitas Amsterdam, Belanda dan Universitas Chengkung, Taiwan. Business Law Program juga memiliki komposisi dosen dengan gelar Doktor terbanyak di Faculty of Humanities BINUS UNIVERSITY.

Business Law Program BINUS UNIVERSITY merupakan Kampus Hukum pertama di Indonesia yang mengadakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) Online bersama PERADI di tahun 2020 lalu. Sebelumnya, Business Law Program telah menyelenggarakan PKPA sejak tahun 2018. Tidak hanya prestasi dan pencapaian akademik, Business Law Program BINUS UNIVERSITY juga turut aktif dalam memberikan dampak positif dalam membina dan memberdayakan masyarakat melalui pembelaan dan pendampingan terhadap komunitas yang termarginalkan, antara lain sebagai ahli untuk memberi keterangan di pengadilan, khususnya Mahkamah Konstitusi. Achievement, kerja keras, dan prestasi selama 10 tahun Business Law Program berkarya di rayakan pada acara puncak ‘Dies Natalis Ke-10 Tahun Business Law BINUS UNIVERSITY’.

Event Dies Natalis Ke-10 Tahun Business Law BINUS UNIVERSITY diselenggarakan pada hari Sabtu, 5 Juni 2021 pukul 10.30 WIB. Selain perayaan, acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk semakin mengembangkan komunitas hukum bisnis di Indonesia. Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS UNIVERSITY, turut hadir memberikan sambutan dalam pembukaan acara.

Saya sangat bangga karena banyak sekali upaya-upaya kreatif, hasil-hasil yang nyata, yang telah ditunjukkan dari Program Studi Business Law. Saya tahu, memang perjuangan yang sangat Panjang bagi sebuah Program Studi yang relatif usianya muda di BINA NUSANTARA ini.” Ungkap Prof. Harjanto.

Dr. Elisa Carolina Marion, S.S., M.Si. selaku Dean of Faculty of Humanities BINUS UNIVERSITY juga turut hadir dalam event ini untuk memberikan sambutannya. Ibu Elisa menyampaikan akan pentingnya sinergi antara Business Law dengan ICT dan ITC.

Kekhususan dari Program Studi Hukum Bisnis di BINUS ini sendiri tentunya sangat unique, karena kita sudah mendeklarasikan bahwa Program Studi Business Law BINUS UNIVERSITY memfokuskan pada dua hal utama yaitu ICT, International Tour and Travel Law, dan ITC, International Technology and Communication Law.” Ungkap Ibu Elisa.

Sambutan juga turut diberikan oleh Anindita Kurnia Putri selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Business Law BINUS UNIVERSITY dan juga oleh Muhammad Panji Damar Jati selaku Ketua Pelaksana Acara Dies Natalis. Setelah itu, rangkaian acara dilanjutkan dengan Laporan Ketua Jurusan Business Law BINUS UNIVERSITY, Dr. Ahmad Sofian, SH., MH. Bapak Sofian menyampaikan perkembangan dari Business Law Program selama setahun terakhir dalam empat komponen penting yang terdiri dari pengejaran, pengabdian kepada masyarakat, penelitian, dan pengembangan kapasitas dosen dan mahasiswa.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Public Lecture at the 10th Dies Natalies of Business Law BINUS yang dibawakan oleh Dr. Stijn Cornelis van Huis, MA. selaku Faculty Member Business Law Program BINUS UNIVERSITY. Dalam Public Lecture ini, Prof. Stijn menyampaikan paparan yang bertemakan “Law and interdisciplinarity in a time of transformation: the “new normal’ at law institutions of higher education?”. Dalam event ini juga, Business Law Program BINUS UNIVERSITY

Selanjutnya, tidak lupa Business Law Program turut memberikan penghargaan untuk BINUSIAN dengan IPK Tertinggi, Mahasiswa Terbaik, Alumni Terbaik, Mitra Industri Terbaik. Penghargaan pencapaian eksternal BINUSIAN Business Law Program juga turut dibacakan. Tidak lupa, kiprah para alumni juga turut disampaikan melalui video testimoni.

Kedepannya diharapkan bahwa Business Law Program BINUS UNIVERSITY dapat terus maju, semakin berkontribusi untuk membina dan memberdayakan Nusantara dan dunia dalam bidang hukum. Business Law Program juga diharapkan dapat menyumbangkan kontribusi dalam hukum di Era Digital, menyumbangkan buah pemikiran yang inovatif dan segar dalam zaman teknologi yang terus berkembang dengan dinamis.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close