People Innovation Excellence
 

#45 – Danton Sihombing, Pendiri Inkara Brand Consulting di Indonesia.

Danton Sihombing adalah salah satu desain grafis yang terkenal dan terbaik di dunia yang berasal dari Indonesia. Pria kelahiran Jakarta pada 5 November 1968 ini sudah lama bergelut di desain grafis. Beliau juga merupakan pendiri serta direktur utama dari Inkara Brand Consulting di Indonesia.

Sebelum memulai karirnya, Danton Sihombing telah menitih karirnya di Amerika terlebih dahulu. Beliau bekerja di Allied Graphic Arts (AGA) yang lokasinya di Manhattan, New York pada tahun 1997-1998. Selama di sana, beliau menjabat sebagai pengarah seni.

Selama di AGA, salah satu karyanya masuk ke dalam koleksi Linotype Take Type Library 2: The Second International Type Design Contest 1977. Hal ini membuat Danton Sihombing masuk ke dalam deretan Type Designers and Punc Cutters from Gutenberg until Today yang dirilis oleh Hans Reichardt. Pada tahun 2000. Danton Sihombing memutuskan untuk membuat Inkara Brand Consulting bersama dengan salah satu desainer Indonesia, yaitu Ilma Noe’man.

Tidak hanya itu, Danton Sihombing juga pernah menjabat sebagai aggota Presidium Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) pada tahun 2006 dan menjadi Ketua Umum Desainer Grafis Indonesia (ADGI) periode 2006-2007 dan berhasil membuahkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk profesi Desainer Grafis yang telah disahkan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Seiring berjalannya waktu, Inkara Brand Consulting berkembang dan aktif menangani banyak brand strategi hingga internal brand engagement programs. Klien dari Inkara Brand Consulting sendiri tidak main-main, banyak perusahaan besar di indonesia maupun Internasional yang menggunakan jasa mereka.

Beliau juga beberapa kali menjadi juri tingkat nasional untuk “Indonesia Good Design Selection 2002 and 2003, Bank Sulsel 2005 Logo Competition, BMW Young Designer Awrd 2006, British Council International Young Design Entrepreneur of the Year Award 2006. Dan lain-lain. Selain menjadi juri, Danton Sihombing juga menjadi moderator dan pembicara seminar tingkat nasional dan internasional seperti Entrepreneurship for Graphic Designers, The power of Typography in Visual Communication, Think Big with Design, dan lain-lain.

Contoh karya Danton Sihombing:

Danton Sihombing menulis buku “Tipografi dalam Desain Grafis” yang diterbitkan di Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2001. Buku yang di tulis oleh Danton Sihombing ini berisi pengetahuan tentang huruf dan olah huruf yang merupakan komponen penting dalam desain grafis (desain komunikasi visual).

*ditulis bersama dengan Nidya Victoria (Binusian 2024)

 


Published at : Updated
Written By
Victor Adiluhung Abednego, S.T, M.Ds
HoP - Visual Communication Design | DKV Binus Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close