Financial Technology atau Teknologi finansial, merupakan perpaduan jasa keuangan dengan teknologi, seperti P2P, transaksi online, dan masih banyak lagi. Di industry saat ini, dimana teknologi sangat berkembang dan digunakan di hampir tiap bidang, FinTech menjadi populer dan semakin digunakan dalam traksaksi sehari-hari. melihat situasi ini, BINUS UNIVERSITY menginisiasi Studium Generale yang membahas seputar Fintech, dengan narasumber berkualitas, yaitu Julien Ng, selaku Assitant Director dari Monetary Authority of Singapore. Acara ini dimoderatori oleh Bapak Mohamad Ikhsan Modjo, selaku Financial Economist and Innovative Specialist.

Julien membahas berbagai aspek dari fintech, seperti keadaan fintech di Asia sekarang, berbagai inovasi yang di ciptakan oleh fintech, serta tantangan dan kesempatan dalam dunia fintech ini. salah satu contoh inovasi teknologi yang dikatakan Julien adalah scan QR Code. Hanya dengan scan QR code, kita sudah bisa melakukan pembayaran. Bahkan, di China menggunakan scan wajah, atau face recognition. Ia juga menjelaskan beberapa perusahaan yang menggunakan kemudahan fintech, seperti robinhood, tandem, bond street, dsb.

“Data is the oil for industry 4.0” , Ungkap Julien mengenai krusialnya data pada berbagai industry saat ini.

Menurut Julien, kedepannya nanti, Fintech akan mendominasi dunia keuangan. Seperti yang bisa kita rasakan sekarang ini, kebanyakan kita terus mengisi pembayaran digital kita, termasuk investasi. Dalam sesi QnA, julien mengatakan bahwa dengan pengetahuan bagaimana menggabungkan teknologi dan bisnis, maka kita bisa masuk ke dalam dunia fintech dengna para petinggi bisnis lainnya. Kedepannya diharapkan semakin banyak anak muda yang sadar akan pentingnya finansial teknologi, dan mampu bersaing di dunia global.