Entrepreneurship merupakan langkah yang berat sekaligus langkah mulia. Berat karena memulai bisnis dari nol, mempelajari berbagai ilmu entrepreneur, membentuk tim dan network, dll. Mulia karena membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang, membantu menyelesaikan isu atau masalah yang ada, dan tentunya membangun karier sendiri. Di tahun 2021 ini kita telah menyaksikan banyak entrepreneur muda yang muncul ditengah kesulitan ekonomi. Memprediksi hal ini akan terjadi, BINUS UNIVERSITY menciptakan program dimana mahasiswa dari berbagai jurusan bisa mengikuti pembinaan ilmu entrepreneurship. Entrepreneurship sendiri merupakan salah satu program yang ditanamkan BINUS UNIVERSITY ke tiap jurusan yang ada di BINUS.

Hari ini, 20 Mei 2021, dalam rangkaian acara BINUS FESTIVAL, diadakan salah satu acara yang ditunggu-tunggu, yaitu Business Competition. Dalam Business Competition ini, BINUSIAN dari kampus Kemanggisan dan Alam Sutera mempresentasikan ide bisnis mereka yang telah dirancang bersama. Ide bisnis yang dipresentasikan cukup unik, mulai dari mengelola sampah, mengelola ampas kedelai, membuat produk makanan sehat, membuat meja khusus, dll. Tidak hanya idenya yang orisinal dan menarik, tapi tiap kelompok memberikan perhitungan modal dan untung rugi yang cukup detil, bahkan sampai mempertimbangkan berbagai kompetitior yang ada. Setelah mempresentasikan, tiap kelompok diberikan pertanyaan dari dosen juri, saran masukan, dan tentunya kritik agar kedepannya, rencana bisnis mereka bisa lebih matang dan mampu direalisasikan.

Sebelum diumumkan pemenang, para juri pindah ke breakout room khusus untuk diskusi, sedangkan peserta mendapat motivasi dan pesan dari Roni Heryatno dari BINUS
Entrepreneurship Center. Pak Roni menjelaskan bahwa jika mahasiswa masuk mengikuti BEC (Binus Entrepreneurship Center) maka mahasiswa berkesempatan dibina langsung oleh para entrepreneur yang berpengalaman. Mahasiswa pun juga berkesempatan mengikuti berbagai lomba entrepreneurship, dengan hadiah yang berguna untuk merealisasikan ide bisnis. BEC juga mengelola mata kuliah Entrepreneurship dan membina para mahasiswa yang ingin coaching mengenai entrepreneurship.

Akhirnya, pengumuman juara pun disebutkan, berikut para pemenangnya :

  • Juara 1 – Alam Sutera : Grabit Jam

Maria Stefani

Hana Luthfiyah Zahidah

Agatha Shania Susanto

Loveggie Bella Maitresya

Samantha Arnie Wibowo

  • Juara 2 – Alam Sutera : Peely!

Stefanny Heriyanto

Etania Karen Utari Partio

Katherine Gunadi

Natasha Yo Valerie Michelle

Steven Senjaya

  • Juara 3 – Alam Sutera : Meat the Veggie

Chyntia Melinda Gunardi

Silvio Hermawan

Rajendra Adyatma Waluyo

Nico Fernando S

Muhammad Sultan Aidan

  • Juara 1 – Kemanggisan : Meja Charge Portable

Fernando Williem

Hansen Christian

Jessica Andreas

Davon Matthew Anderson

Erdian Witrajo

  • Juara 2 – Kemanggisan : Bekoe

Dhea Avina

Lisa Riandi

Patriciya Christine

Felix Juwono Chandra

Sri Arianti Salsabilla

  • Juara 3 – Kemanggisan : weDesign

Aldo Emmanuel

Djak Cindy Freda

Glen Mayo

Yehezkiel Kevin Tirtawijaya

Elrica Selma Kolly

Selamat bagi para pemenang!

Kedepannya, diharapkan semua ide bisnis mereka dapat direalisasikan, dan dapat membantu kehidupan banyak orang. Diharapkan juga entrepreneurship Indonesia terus berkembang dalam skala global.