Chris Do

“If you can design one thing you can design everything.”

Chris Do dulunya adalah seorang desainer asal Amerika Serikat beretnis Vietnam. Beliau lahir di Saigon, Vietnam lalu bersama keluarganya mas Chris berimigrasi ke AS karena konflik komunis di tahun 1970. Namun sekarang beliau adalah seorang Emmy award-winning motion designer/brand consultant, direktur, kepala ahli strategis di Blind dan founder sekaligus CEO platform BO (belajar online) yang bernama The Futur. Platform ini sudah hadir di platform sosial media seperti Instagram dan YouTube. Misi mas Chris mendirikan The Futur dan The Futur Academy adalah untuk mengajar 1 milyar orang cara menghasilkan uang dengan hal yang kita sukai.

Ceritanya, saat mas Chris pindah ke Amerika Serikat, beliau sejak kecil memiliki minat dalam seni rupa dan desain. Tak disangka, perminatannya itu menjadikan beliau seorang yang sukses di bidang karirnya. Salah satunya, perusahaan brand consultancy yang bernama Blind yang kini bekerja sama dengan banyak perusahaan – perusahaan raksasa di dunia. Dari karirnya, beliau mendapat satu visi, yaitu entrepreneurship. Lalu didirikanlah The Futur. Platform ini tidak hanya mengajarkan bisnis dan desain saja, tetapi dari The Futur, audience diajarkan untuk bermain bisnis, negosiasi, dan bagaimana cara membangun mental desainer, bukan operator. Salah satu konten yang paling populer adalah tentang memberikan harga ke klien yang cukup membuat saya mind blowing.

Dalam jejak studinya, pada tahun 1991 mas Chris pernah belajar di Art Center of Art and Design. Selain belajar, beliau juga mengajar di sekolah – sekolah desain dan beliau juga telah mengajar di seluruh dunia. Beliau juga pernah menjalankan workshop; Sales, Negotiations, Value Based Pricing, Mindset, Branding, dll. Mas Chris pernah berpendapat dalam satu interviewnya “If you don’t learn the language of business, you may limit your growth and be relegated to the role of an “order taker” yang artinya jika kita tidak belajar berbisnis, maka kita membatasi pertumbuhan kita dan hanya menjadi si customer saja. Untuk karya – karyanya, kini beliau telah menjadi influencer di instagram untuk memotivasi para desainer.

Quotes – quotes ternama dari seorang Chris Do adalah sebagai beirkut:
1. “What you create is a byproduct of your thinking. Sell the thinking, not the thing you make.”
2. “Creativity doesn’t need to be taught because we are all born creative beings. It’s Innate.”
3. “We are not going to make an impact within the world of business if all we talk about is aesthethics.”
4. “There’s a danger in thinking people think like us.”
5. “Believe it, till you achieve it.”
6. “When you say no to the ones who can’t afford you, you’re making room for the ones who can.”
7. “Tell me what you do in your spare time and I’ll tell you what you’ll become.”

*ditulis bersama dengan Joenathan Delfiero – Binusian 2024