People Innovation Excellence
 

#32 – Christiawan Lie dan perjalanan karirnya

Christiawan Lie atau Chris Lie adalah seorang seorang ilustrator/komikus. Ia lahir di solo pada 5 september 1974. Christ berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) mengambil jurusan arsitektur. Setelah lulus, ia sempat bekerja pada Nyoman Nuarta dan ikut mengerjakan monumen garuda wisnu kencana. Namun karena kurang menikmati dunia tersebut ia mendirikan studio komik bajing loncat dengan beberapa temannya. Karena lebih banyak ruginya, pada akhirnya satu persatu dari mereka termasuk christ memilih hengkang. Pada 2001 ia memenangkan Jakarta International Art Festival dengan hadiah tiket penerbangan ke singapura. Dari sinilah ia memantapkan diri untuk bekerja di singapura. Di sana Chris mendapat hadiah Exhibition Designer dalam Parade Nasional Singapura. Dua tahun bekerja di Singapura, ia memenangi tiga kompetisi gambar dan ilustrasi.

Christ mendapatkan beasiswa fullbright dan melanjutkan pendidikan di savannah collage of art and design jurusan sequential art. Ia pun sempat magang di perusahaan komik devil’s due publishing chicago. ketika Devil’s Due mendapat proyek GI Joe dari Hasbro, perusahaan raksasa mainan anak-anak di Amerika Serikat. Chris diminta ikut menggambar sosok GI Joe yang lebih muda dan trendi. Ia pun menciptakan sosok GI Joe bertubuh besar tapi dengan bagian kaki mengecil, dan ternyata itulah yang dipilih Hasbro. Sejak saat itu ia dipercaya menggarap proyek devil’s due. Setelah lulus kuliah, ia kembali ke tanah air dan mendirikan caravan studio di tanjung duren, jakarta barat.

*ditulis bersama dengan Eeza Putri Zitifan – Binusian 2024


Published at : Updated
Written By
FIRJAUN FARIS FAHMI, S.T, M.M
FM | DKV Binus Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close