People Innovation Excellence
 

#28 – Rini Sugianto, Animator Hollywood asal Indonesia

Rini Sugianto adalah seorang animator, fotografer, dan desainer wanita yang lahir di Bandar Lampung pada tanggal 3 Januari 1980. Ia dikenal dengan karya-karyanya yang mendunia dan memiliki nama di seluruh penjuru dunia seperti The Adventure Of Tintin : The Secret Of Unicorn dan The Hobbit : An Unexpected Journey. Rini Sugianto menempuh pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengahnya di kota tempat ia lahir, kota Lampung dan berpindah ke Bogor untuk menempuh pendidikan sekolah menengah atas, tepatnya di SMA Regina Pacis Bogor. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi di Universitas Parahyangan Bandung dan mengambil jurusan Arsitektur. Semenjak ia kecil, ia tak pernah terlibat dalam dunia seni. Sebaliknya, ia lebih banyak terlibat dalam dunia olahraga. Ia mulai tertarik pada dunia animasi saat ia dihadapkan oleh tugas akhir kuliahnya. Semenjak saat itu, ia mulai menekuni dunia animasi.

Setelah menyandang gelar sarjana, ia memulai karirnya dengan menjadi seorang pekerja magang di Stormfront Studio selamat 1 tahun. Kemudian, ia pindah ke Blur Studio sebagai Animator dan Supervisor Animator. Ia berkembang dan menyumbang banyak karya dalam perusahaan-perusahaan tersebut. Pada tahun 2010, ia direkrut oleh perusahaan WETA Studio yang berpusat di negara New Zealand dan ia bergabung dalam tim kreatif pembuatan film tiga dimensi, sebuah film yang diadaptasi dari komik The Adventure of Tintin. Film tersebut adalah proyek pertamanya yang membutuhkan banyak sekali karakter tiga dimensi dan Rini mengerjakannya membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun. Lalu, Rini mendirikan sebuah forum mentoring bernama Flash Frame Workshop, dengan tujuan agar memperluas bidang animasi di Indonesia. Rini terus menerus mengasah kemampuannya dengan membuat berbagai karya luar biasa seperti The Hunger Games : Catching Fire , Ready Player One, Iron Man 3, The Avenger : Age of Ultron, dan masih banyak lagi.

Link gambar Infografis :
https://drive.google.com/file/d/1MGVuQl76dLQS3CLzStPO_mTihCGLMk9V/view?usp=sharing


Published at : Updated
Written By
Yudhistya Ayu Kusumawati, S.Sn, M.Ds
FM | DKV Binus Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close