Aulia Rizsa Wirizqi yang kerap kali dipanggil Aulion ini merupakan salah satu art content creator ternama di youtube. Pria kelahiran 3 Mei 1994 ini memulai karirnya saat ia menemukan sebuah handycam di gudang dan jatuh cinta dengan dunia perfilman sejak kelas 3 SD. Saat SMP ia sudah bisa menjadi director, editor, dan scriptwriter untuk videonya sendiri. Aulion melanjutkan studinya dengan kuliah jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Multimedia Nusantara. Ia terus mengeksplor seni dan menemukan bahwa passionnya yaitu di bidang animasi stop motion, suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri.

Aulion mencoba merekam sebuah botol yang digerakkan dengan memainkan fitur ‘pause’ dan ‘record’. Awalnya, dia mencoba membagikan karyanya melalui bluetooth. Namanya melambung karena karya animasi stop motionnya yang berjudul “Televisionic Motion” yang ia unggah di youtube. Kmudian karyanya mulai viral di sosial media hingga ke televisi. Aulion jatuh cinta kepada stop motion karena menurutnya teknik ini berbeda dengan teknik animasi pada umumnya. Stop motion bisa membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa dan bisa mencakup segala tema. Aulion memulai karirnya di YouTube dengan membuat short movie, membuat music video, dan mengcover lagu-lagu dari artis Hollywood seperti Katy Perry, Justin Bieber, One Direction hingga Taylor Swift.

Pada tahun 2018 Ia memenangkan piala XYZ kategori ARTS. Saat ini Aulion telah meraih penghargaan Gold Play Button dari YouTube.

Contoh karya Aulion :

https://www.youtube.com/watch?v=TKZ63uHhzI0

https://www.youtube.com/watch?v=uEzY3IGk6Qk

https://www.youtube.com/watch?v=heaUWNHEW2I

Sumber :

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/13/180000320/cerita-di-balik-kesuksesan-youtuber-aulion?page=all

https://www.tribunnewswiki.com/2021/04/13/aulia-rizsa-wirizqi

https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/aulion-youtuber-ganteng-dan-gokil-jagonya-stop-motion-395ed2.html