Giovanni Maria Versace biasa dikenal dengan Gianni Versace. Ibunya menghidupi keluarganya dengan membuka usaha jahit skala kecil. Ini merupakan awal ia belajar membuat busana. Tahun 1972, ia memulai kariernya sebagai seorang desainer busana dengan merancang untuk koleksi busana Viorentini. Lalu Versace, juga merancang untuk Label Fashion Italia.
Versace adalah brand perusahan pakaian Italia yang didirikan oleh Gianni Versace pada 1978, yang akan dilanjutkan adiknya, Donatella Versace setelah Gianni Versace terbunuh. Butik pertama
Versace dibuka di Via della Spiga, Milan pada 1978, dan menjadi populer. Versace sekarang merupakan salah satu designer brand terbesar di dunia.
Setelah membuka butiknya di Milan, Versace cepat menjadi sensasi dalam dunia mode internasional. Desainnya menggunakan warna-warna cerah, bold print, dan potongan seksi, yang merupakan kontras yang menyegarkan dengan selera muted color dan kesederhanaan. Estetikanya “combined luxurious classicism with overt sexuality”.
Salah satu inovasinya yang paling terkenal adalah jenis chainmail super ringan yang disebut ‘Oroton'(1982), yang menjadi bahan khas dalam pakaiannya. Jasnya terinspirasi dari pengalaman dalam membuat pakaian perempuan dalam bentuk yang maskulin dengan membuat setelan jas yang menonjolkan bentuk laki-laki.
Versace memperluas bisnisnya menjadi perhiasan dan peralatan rumah tangga pada 1982. Pada tahun 1989, perusahaannya menjadi haute couture dengan merilis Atelier Versace. Versace menjadi terkenal dengan pemasarannya yang menggunakan selebriti dan supermodel besar seperti Naomi Campbell, Christy Turlington, dan Linda Evangelista. Orang juga memberinya kredit dalam menciptakan mode supermodel tahun 1990-an. Pada saat kematiannya(1997), Versace bernilai $807 juta yang memiliki total 130 butik di seluruh dunia.

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Gianni_Versace
http://biografi-tokoh-dunia-indonesia.blogspot.com/2017/02/gianni-versace-desainer-perancangbusana.html