People Innovation Excellence
 

#17 – Milton Glaser, Sosok yang paling berpengaruh di komunikasi desain

Milton Glaser lahir pada tanggal 26 Juni 1929, Bronx, Kota New York, New York, Amerika. Milton Glaser dididik di Sekolah Menengah Musik dan Seni dan sekolah seni Cooper Union di New York dan, melalui Beasiswa Fulbright, Akademi Seni Rupa di Bologna, Italia. Dia ikut mendirikan Pushpin Studios yang revolusioner pada tahun 1954, mendirikan Majalah New York dengan Clay Felker pada tahun 1968, mendirikan Milton Glaser, Inc. pada tahun 1974, dan bekerja sama dengan Walter Bernard pada tahun 1983 untuk membentuk firma desain publikasi WBMG. Glaser menjabat sebagai direktur seni Majalah New York (1968–1976), yang dia dirikan bersama Clay Felker. Dari tahun 1975 hingga 1977 Glaser menjabat sebagai wakil presiden dan direktur desain Suara Desa. Seiring kemajuan kariernya selama paruh terakhir abad ke-20, berbagai aktivitas desainnya meliputi arahan seni majalah , pengemasan, identitas visual perusahaan, seni rupa, dan desain toko dan restoran. Kesediaannya untuk bereksperimen dan mengeksplorasi arah baru memungkinkannya menghasilkan variasi desain visual yang mencengangkan. Sepanjang karirnya, Glaser telah menjadi pencipta poster dan cetakan yang produktif. Karya seninya telah ditampilkan dalam pameran di seluruh dunia, termasuk pertunjukan satu orang di Centre Georges Pompidou di Paris dan Museum of Modern Art di New York. Karyanya menjadi koleksi permanen di banyak museum. Glaser juga adalah seorang desainer grafis dan arsitektur terkenal dengan tubuh karya mulai dari logo ikonik hingga program grafis dan dekoratif lengkap untuk restoran di World Trade Center di New York. Glaser adalah sosok berpengaruh baik dalam komunitas desain dan pendidikan dan telah menyumbangkan esai dan memberikan wawancara secara ekstensif tentang desain. Di antara banyak penghargaan selama bertahun-tahun, ia menerima Penghargaan Prestasi Seumur Hidup 2004 dari Smithsonian Cooper-Hewitt, Museum Desain Nasional, atas kontribusinya yang mendalam dan bermakna dalam jangka panjang pada praktik desain kontemporer. Milton Glaser sosok di balik sebuah logo terkenal “I Love NY” meninggal dunia pada Jumat, 26 Juni 2020 usianya yang ke 91 tahun akibat stroke dan gagal ginjal.

Contoh karya karya Milton Glaser

*ditulis bersama dengan Emeralda Yobeline (2440014780)


Published at : Updated
Written By
Satrya Dirgantara S.T , M.Sn
FM | DKV Binus Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close