Desainer grafis idola saya saat ini adalah Makoto shinkai seorang desainer grafis berasal dari jepang. Selain menjadi desainer grafis beliau juga merupakan sebagai seorang director, penulis, produser, animator cinematography, voice actor, dan manga artis. Saya mengidolakan beliau karena berbagai macam karaya yang di sajikan olehnya sangatlah menarik. Bebeberapa karya yang membuat saya tertarik kepada beliau adalah karya nya yang menyajikan film animasi jepang berjudul Kimi no nawa, dan Tenki No ko.

Biographi Makoto shinkai:

Makoto Shinkai lahir di Koumi, Jepang 9 februari 1973 sebagai Makoto Niitsu. Saat ini makoto sudah berumur 48 tahun dan sudah menikah. Pasangan Makoto adalah Chieko Misaka dan dikaruniai anak bernama Chisee niitsu. Makoto merupakan seorang animator namun juga sebagai desainer grafis, director, penuslis, prdoduser, animator cinematography, voice actor, dan manga artis. Dari berbagai profesi yang dimiliki nya ia terkenal sebagai seorang animator yang memiliki berbagai kelebihan dan keunikan dari segi visual dan cerita. Dia juga mengatakan bahwa dia memiliki idola bernama Hayao Miyazaki. Salah satu karya yang di favoritkan oleh makoto adalah Castle In The Sky. Dari hal tersebut makoto juga sering di juluki sebagai Penerus Miyazaki (seorang animator legendaris).

Karir dari makoto shinkai bermula dari kelulusanya di Universitas Chuo pada tahun 1994 dari jurusan sastra remaja. Pada awal kelulusanya dia langsung bekerja di falcom dengan mengarap berbagai karya video klip permainan dan web desain grafis. Di selang ia bekerja di falcom pada tahun 1999 Makoto shinkai merilis sebuah karya hasil kolaborasi dengan musisi Tenmon. Karya itu adalah She and Her Cat yang mana karya tersebut mendapatkan berbagai pengharagaan salah satunya pada grand prize Kontes DoGA CG.

Pada mei 2001 Makoto shinkai memutuskan untuk berhenti dari profesinya di falcom dan beralih bekeerja sama dengan Mangazoo untuk menggarap karyanya berjudul Voice of Distant Star dan The Promised in Our Early Days. Kedua karya tersebut akhirnya diriliskan secara nasional di jepang pada tanggal 20 November 2004 yang juga mendapatkan berbagai penghargaan.

Lanjut di tahun 2007 Makoto Shinkai sudah mengeluarkan anime terbarunya yaitu 5 Centi meter per second dan dilanjut oleh karya karya terbarunya yaitu Children Who Chase Lost Voices (2011), The Garden of Words (2013), Your Name (2016), dan Wathering with You (2019). Dari berbagai karya yang di ciptakan oleh Makoto Shinkai dari 1999 – 2019 hingga kini penghasilan yang di capai dan penghargaan yang di raih begitu melimpah.

Karya Makoto Shinkai

  • The Voices of a Distant Star (2002)
  • 5 Centimeter per second
  • She and Her Cat (1999)
  • The Place Promised In our early Days(2004)
  • Children Who Chase Lost Voices(2011)
  • Your name(2016)
  • Weathering with You(2019)
  • The Garden of Words (2013)

*ditulis bersama dengan Ardin Khairisma Wibowo (2440064103)