John Alan Lasseter adalah sutradara film Amerika, produser, penulis naskah, animator, aktor suara, dan kepala animasi di Skydance Animation. Dia sebelumnya adalah kepala bagian kreatif dari Pixar Animation Studios, Walt Disney Animation Studios, dan Disneytoon Studios, serta Principal Creative Advisor untuk Walt Disney Imagineering.
Pekerjaan pertama Lasseter yaitu animator di The Walt Disney Company. Kemudian, ia bergabung dengan Lucasfilm, tempat ia bertugas pada penggunaan animasi CGI. Setelah Grup Grafis Divisi Komputer Lucasfilm dijual ke Steve Jobs dan menjadi Pixar pada tahun 1986, Lasseter terlibat dalam semua film Pixar dan proyek terkait sebagai produser eksekutif dan ia menyutradarai Toy Story, A Bug’s Life, Toy Story 2, Cars, dan Cars 2.
John Lasseter telah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya Special Achievement Academy Award (1996), Annie Award for Outstanding Individual Achievement for Directing in an Animated Feature Production (2000), Annie Award for Outstanding Writing in an Animated Feature Production (2000), Penghargaan Art Directors Guild untuk Cinematic Imagery (ADG’s Outstanding Contribution to Cinematic Imagery Award) (2004), Penghargaan Producers Guild of America untuk Prestasi Seumur Hidup dalam Film (2010), Penghargaan Primetime Emmy untuk Program Animasi Bentuk Pendek yang Luar Biasa (2011).Selain itu John Lasseter telah menciptakan karya-karya yang luar biasa diantaranya a bug’s life, toy story, inside out, coco, frozen dan masih banyak lagi.

*ditulis bersama dengan (2440041195) Muhammad Ainuna Abror A.