Hayao Miyazaki (宮崎 駿, Miyazaki Hayao, lahir 5 Januari 1941 di Tokyo, Jepang) adalah seorang sutradara, animator, dan kartunis Jepang. Dia adalah co-founder dari Studio Ghibli dan ketua dari Tokuma Memorial animation Cultural Foundation dan museum seni Mitaka Municipal Animation (Museum Ghibli). Dia juga anggota aktif Totoro no Furasato Foundation.
Lahir di Bunkyō Tokyo, Jepang. Ia belajar ilmu politik dan ekonomi di Universitas Gakushuin dan kemudian bergabung dengan Toei Animation pada tahun 1963 sebagai animator. Setelah itu ia menjadi pekerja lepas, akhirnya memproduksi Future Boy Conan dan meyutradarai film animasi teater pertamanya “The Castle of Cagliostro”. Pada tahun 1984, dia, Bersama dengan Isao Takahata, Toshio Suzuki dan Yasuyochi Tokuma mendirikan Studio Ghibli. Ia diangkat sebagai Dewan Direksi pada tahun 2005.
Sejak saat itu, ia telah Menyutradarai banyak film animasi seperti “My Neighbor Totoro”, “Kiki’s Delivery Services”, “Howl’s Moving Castle”, “The Wind Rises”, dan “Princess Mononoke” serta memenangkan Golden Bear Award di Berlin International Film Festival dan Academy Award untuk Film Fitur Animasi Terbaik untuk “Spirited Away”. Pada tahun 2014, ia menjadi orang jepang kedua yang memenangkan penghargaan Academy Hononary Award.

Infografis perjalanan karir beliau:

*ditulis bersama Gideon Christopher (2440008525)