Benarkah universitas komunikasi dekat Surabaya menjadi universitas yang paling banyak dicari saat ini?  Apakah ada jaminan bahwa mahasiswa lulusan jurusan komunikasi pasti mendapatkan pekerjaan yang layak dan bergaji besar? Pertanyaan ini kerap muncul di benak para siswa lulusan SMA yang hendak menentukan langkah untuk memilih jurusan komunikasi. 

Ketahui Seluk Beluk Jurusan Komunikasi di Universitas Komunikasi Dekat Surabaya

Tidak semua siswa lulusan SMA tahu persis apa saja yang akan dipelajari saat mereka memilih strata satu komunikasi di universitas komunikasi dekat Surabaya. Mereka hanya membaca sekilas tentang beberapa jurusan yang tersedia di fakultas ini. Pada dasarnya, sarjana komunikasi akan mempelajari ilmu komunikasi yang sesuai dengan teknologi terkini. Lulusan fakultas ini akan mempelajari kemampuan komunikasi yang dibutuhkan dunia usaha dan industri, tanpa mengabaikan etika. 

Jurusan komunikasi di universitas umum tergabung dalam fakultas ilmu sosial dan politik. Tetapi, ada beberapa universitas komunikasi dekat Surabaya yang  memiliki spesialisasi  untuk ilmu komunikasi dan turunannya. Mereka yang ingin fokus pada ilmu inti komunikasi perlu memilih kampus yang menawarkan pembelajaran komunikasi dengan berfokus pada integrasi aspek-aspek yang mendukungnya. Aspek tersebut termasuk politik dan ekonomi, yang dipadukan dengan sosiologi, linguistik, psikologi, dan antropologi. 

Dalam hal ini, komunikasi bukan sekedar melakukan interaksi dengan baik secara verbal secara tatap muka, tetapi juga melalui media massa. Saat ini, setiap pelaku usaha dituntut untuk dapat memperkenalkan produk atau jasa yang mereka tawarkan secara menarik. 

Publikasi produk atau jasa kepada segmen berbeda menjadi tantangan dari para pelaku usaha. Karena itulah, dibutuhkan ilmu komunikasi  yang pas, dimana siswa dapat menguasai teori sekaligus praktek lapangan yang sesuai dengan pasar. 

Komunikasi Di Bidang Ekonomi Kreatif

Mereka yang ingin menentukan pilihan pada ilmu komunikasi pasti dipusingkan dengan banyak pilihan. Bayangkan saja, hampir semua kampus di Indonesia, terutama di pulau Jawa, yang menyediakan fakultas ilmu komunikasi. Pastinya, para pemilih harus menyeleksi kampus mana yang dapat memfasilitasi kebutuhan mereka akan ilmu komunikasi  yang kompeten, terutama di universitas komunikasi dekat Surabaya

Ilmu komunikasi yang kompeten untuk era digital saat ini  tentu berbeda dengan ilmu komunikasi yang dapat diaplikasikan beberapa tahun lalu. Pengaplikasian ilmu komunikasi di era modern seperti saat ini memerlukan kreativitas pelaku bisnis, terutama melalui teknologi terkini. Untuk itulah, mahasiswa di bidang komunikasi perlu dapat melakukan analisa yang tepat untuk penerapan konsep serta teori komunikasi saat mereka bekerja pada perusahaan atau sebagai wirausahawan. 

Kampus Umum atau Kampus Yang Berfokus Pada Komunikasi?

Tidak sulit mencari kampus umum yang memiliki fakultas ilmu komunikasi di universitas komunikasi dekat Surabaya. Tetapi kini, banyak universitas yang memiliki fakultas dengan pilihan ilmu yang memiliki spesialisasi khusus dalam penerapan komunikasi secara global. Biasanya, kampus dengan spesialisasi komunikasi ini menawarkan beragam jurusan, dimana mahasiswa dapat lebih fokus pada jalur-jalur tertentu. 

Mari kita lihat apa yang  dimiliki Fakultas Ilmu Sosial dan Politik pada umumnya. Departemen yang  ada pada fakultas ini adalah ilmu komunikasi, ilmu  politik, sosiologi, hubungan internasional, dan ilmu kesejahteraan sosial. Sedangkan universitas komunikasi dekat Surabaya yang berfokus pada pengembangan ilmu komunikasi memiliki beberapa fakultas-fakultas yang memberikan pendalaman ilmu yang menunjang komunikasi seperti Public Relations, Desain Komunikasi Visual, Teknologi Komputer, Desain Interior, Business Creation dan semacamnya. 

Universitas komunikasi dekat Surabaya, atau kampus yang memang berfokus pada ilmu komunikasi pasti memberikan ilmu penerapan yang lebih detail, dengan fokus pada penerapan. Tak mengherankan, universitas komunikasi lebih berfokus pada pembentukan mahasiswa untuk siap berwirausaha, dengan ilmu-ilmu kreatif yang sudah mereka dapatkan.  Jiwa kepemimpinan sudah dibentuk sejak mereka memasuki universitas ini, baik melalui pembelajaran secara teori maupun praktek. 

Benarkah Binus Malang Menjadi Universitas Komunikasi Terbaik di Jawa Timur 

Tidak dapat dipungkiri bahwa Jawa Timur memiliki kemajuan pesat di bidang pendidikan. Hal ini berlaku bukan hanya di ibukotanya saja, yaitu Surabaya. Namun, kota-kota di sekitarnya pun telah mengalami kemajuan pesat di bidang pendidikan. Salah satunya adalah Malang. Malang dijuluki kota pendidikan, selain Yogyakarta. Hal ini tidak  dapat diragukan  lagi, karena kemajuan  pendidikan di kota Malang yang memang maju pesat. 

Julukan sebagai kota pendidikan bukanlah hal berlebihan. Malang kerap menjadi percontohan untuk kurikulum baru yang akan ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Hal ini dimulai di tahun 2013 saat Dinas Pendidikan Pusat akan menerapkan Kurikulum Tematik 2013.  Terbukti, para siswa di sekolah dasar dan sekolah menengah dapat mengikutinya dengan baik. Para tenaga pengajar pun dapat mengaplikasikan kurikulum ini setelah mendapatkan pelatihan.

Bibit-bibit berbakat siswa Malang ini menunjang kualitas pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.  Para lulusan siswa SMA kota Malang pun  tidak ragu untuk melanjut kan pendidikan diploma dan strata satu di kota mereka sendiri. Hal ini dikarenakan kampus negeri dan swasta di kota ini sudah dilengkapi dengan  berbagai jurusan yang kompeten untuk dapat bersaing di era ekonomi kreatif.

Terbukti, Bina Nusantara University atau Binus memilih kota Malang dalam menempatkan cabangnya sebagai universitas komunikasi dekat Surabaya. Selama ini, reputasi Binus sudah sangat dikenal sebagai kampus dengan metode pendidikan berbasis teknologi, yang mencetak lulusan dengan kemampuan berpikir ‘out of the box’. Binus menekankan  pada pendidikan entrepreneurship berbasis teknologi.

Universitas Bina Nusantara telah berdiri sejak tahun 1981 dengan nama Akademi Teknik Komputer.  Nama Bina Nusantara baru dipergunakan empat tahun setelah itu, tepatnya pada tanggal 21 September 1985. Hingga saat ini, Binus selalu menjadi kampus pilihan utama dari para calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan berbasis teknologi, yang dapat mereka aplikasikan dengan efektif saat terjun ke dunia kerja.

Reputasi Universitas Bina Nusantara Malang

Binus di kota Malang hadir pada tahun 2015 sebagai satu-satunya universitas komunikasi dekat Surabaya. Pada awalnya, metode pembelajaran Bina Nusantara di Malang berbasis online, saat proses pembangunan gedung dilakukan. Saat itu saja, sudah banyak mahasiswa yang bergabung. Tentu hal ini terkait dengan nama besar universitas yang sudah melahirkan pengusaha-pengusaha kelas kakap di seluruh Indonesia. 

Kampus Binus di kota Malang hadir di perumahan elit Araya, dimana kawasan ini menjadi kawasan strategis. Keberadaan kampus Binus di kota ini sangat dinantikan oleh para mahasiswa yang sebelumnya bercita-cita ingin berkuliah di Binus, namun terkendala dengan jarak. Bina Nusantara hadir di Jakarta, Bandung,dan kemudian di kota Malang sebagai universitas komunikasi dekat Surabaya. 

Kehadiran Binus di kota pendidikan ini tentu mengacu pada kualitas lulusan siswa SMA di kota Malang, yang memang memiliki kemampuan akademik yang melampaui kota-kota besar lainnya di Jawa Timur.  Keberadaan Binus sebagai universitas komunikasi dekat Surabaya yang menawarkan beberapa jurusan yang sesuai dengan permintaan pasar saat ini, menjadikannya sebagai kampus terfavorit. Peminatnya bukan hanya lulusan SMA kota Malang, tetapi juga beberapa kota  di sekitar Malang. 

Jurusan Lengkap Dengan Tenaga Pengajar Profesional dan Terpercaya

Dapat dipastikan bahwa Binus menawarkan jurusan-jurusan  yang belum dimiliki beberapa kampus negeri dan swasta di kota Malang. Memang, Binus mengunggulkan ilmu komunikasi yang mungkin sudah ada di hampir semua universitas di kota sejuk ini. Tetapi, Binus menekankan pada penerapan ilmu komunikasi untuk berbagai keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan di era digital. 

Salah satu jurusan yang paling diminati di Binus Malang sebagai universitas komunikasi dekat Surabaya adalah S1 Entrepreneurship Business Creation. Jurusan ini mewadahi calon wirausahawan kreatif serta inovatif  dan siap untuk kemajuan teknologi yang terus berubah. Program studi Business Creation memperkenalkan dasar kewirausahaan, ide dan strategi untuk diaplikasikan menjadi sebuah bentuk usaha.  Lulusan jurusan ini digembleng untuk dapat menciptakan ide serta mencari peluang sekaligus memaksimalkan sumber daya kewirausahaan.

Sisi menarik dari jurusan ini adalah program 2 + 1 + 1. Program unggulan ini memberi kesempatan mahasiswa untuk menimba ilmu dua tahun di Binus Malang, kemudian satu tahun di kampus pusat, serta satu tahun mengikuti  program Enrichment Program – Entrepreneurship Track dengan membangun bisnis start-up. 

Tak kalah menarik di universitas komunikasi dekat Surabaya ini adalah program strata satu untuk Desain Komunikasi Visual, Desain Interior,  Sains Komputer, Komunikasi, dan Public Relations. Pengajar yang berpengalaman di bidangnya menjadi alasan mengapa kampus ini menjadi sangat populer di Jawa Timur. Para pengajar kawakan dari Jakarta dan Bandung turut memberikan kontribusinya untuk Binus Malang. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran Binus Malang dapat menjadi solusi terbaik bagi calon mahasiswa yang tidak ingin sekedar mempelajari teori komunikasi, tetapi lebih pada metode penerapan yang efektif dan tepat sasaran.  

META