Welasan adalah istilah yang sekarang sudah jarang lagi terdengar, tetapi bagi mereka yang sering pergi kepasar tentu tahu tentang welasan ini. Konsep welasan merupakan sebuah strategi marketing yang banyak digunakan oleh pedagang tradisional dipasar. Welasan berasal dari kata sewesal (bahasa Jawa) yang artinya sebelas. Ketika seseorang membeli barang sejumlah 10 biji, biasanya pedangang akan memberikan bonus satu biji yang disebut dengan welasan, atau barang ke-sebelas. Hal ini menarik untuk dikaji, mengapa pedagang mau memberikan tambahan kepada pembelinya? Apakah nanti tidak rugi?

Tentu welasan sudah diperhitungkan oleh pedagang untuk tidak menyebabkan kerugian, pembelian dalam jumlah 10 merupakan bentuk pembelian dalam jumlah besar sehingga diberikan bonus satu biji. Bonus biasa diberikan oleh pedagang kepada pembeli dalam jumlah besar. Bentuk bonus bisa diberikan dalam bentuk barang seperti welasan ataupun bisa diberikan dalam bentuk harga yang lebih murah. Tidak ada aturan baku mengenai hal ini, tetapi secara prinsip dengan pembelian dalam jumlah besar perpuraran modal pedagang menjadi lebih cepat.

Jika ditinjau dari sisi keuntungan, cepatnya perputaran modal meskipun keuntungannya kecil lebih diharapkan daripada keuntungan yang besar dalam waktu lama. Keuntungan kecil jika barangnya cepat laku mka bisa segera dibelikan barang lagi untuk k dijual. Perputaran modal yang cepat dalam akumulasi waktu tertentu akan menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar dibanding menjual dengan harga yang tinggi dalam waktu yang lama. Itulah sebabnya dalam bisnis yang diperhitungkan bukan hanya besarnya keuntungan, tetapi juga perlu diperhatikan kecepatan perputaran modal. Salam Sukses-KL