Krisis ekonomi global telah memberi pengaruh pada masyarakat untuk lebih cermat dalam memilih  produk furnitur yang efisien. Sejalan perkembangan teknologi, banyak dijumpai perusahaan-perusahaan  yang berkembang, mengorientasikan produk mereka ke arah konsep smart furniture. Produk furniture mengintegrasikan berbagai karakteristik dalam satu produk. Saat ini sangat terbuka peluang perusahaan ataupun pembuat furnitur hadir dengan konsep solusi cerdas dan dapat membuat  produk furnitur untuk memenuhi kebutuhan dan harapan dari berbagai macam individu. Untuk itu produsen furnitur harus lebih fokus dalam memilih segmen pasar yang ditargetkan, dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, melakukan diferensiasi produk dan membuat produk yang lebih efisien.

Pengertian Smart Furniture

Smart furniture adalah furnitur yang membawa nilai tambah, baik dari segi fungsionalitas, kenyamanan, dan keanggunan agar sesuai dengan kebutuhan setiap individu. Untuk membahas tentang smart furniture, ada beberapa pengertian yang menjelaskan istilah tersebut. Banyak yang mengartikan smart furniture sebagai produk furnitur dengan menggunakan informasi lingkungan sekitar untuk memberikan fungsionalitas dan kenyamanan bagi penggunanya. Ada pula yang menyebut smart furniture sebagai furnitur yang menyediakan fungsionalitas secara terintegrasi. Pernyataan lain menjelaskan bahwa smart furnitur adalah furnitur yang mengintegrasikan teknologi IT terbaru untuk menyediakan akses jarak jauh ke perangkat rumah yang berbeda. Dari berbagai pernyataan smart furniture diatas, maka  dapat dikatakan smart furniture adalah furnitur yang membawa nilai tambah, fungsionalitas, kenyamanan, dan keanggunan agar sesuai dengan setiap kebutuhan pribadi pengguna.

Karakteristik Smart furniture:

Untuk mengetahui karekeristik produk smart furniture terdapat  dua pendekatan pilihan yaitu:

  1. Smart Furniture yang berfokus pada penghematan ruang yang ekstrem untuk memberikan fungsional furnitur yang maksimal
  2. Smart Furniture yang berfokus pada mengintegrasikan berbagai karakteristik dalam satu produk melalui teknologi terbaru IT (kemudahan aksesibility internet/hotspot, maupun berbagai aplikasi seperti computer, sensor, perangkat, dan peralatan) sesuai kebutuhan individu

Sedangkan untuk memenuhi rancangan produk smart furniture agar sesuai selera spesifik kebutuhan individu, maka berikut ini adalah beberapa hal yang perlu menjadi pertimbanagan seorang desainer furniture : 1). Bagaimana gaya (style) yang akan dipilih: Apakah memilih gaya tradisional, gaya modern, atau gaya yang memiliki karakter mewah?; 2) Bagaimana dengan ruangan yang tersedia (space): seberapa luas ruang tersedia (a), apakah sangat sedikit ruang (b) atau ruang yang terbuka lebar; 3) Berapa besar nilai Investasi  (investation) yang disiapkan: berdasarkan kebutuhan fitur dan kualitas, budget harga yang tinggi atau relatif terendah?; 4) Bagaimana dengan gaya hidup individu (life style): apakah pengguna produk seorang pekerja, fokus untuk penggunaan keluarga dan golongan sosial ekonomi kelas atas  atau artis?; 5) Bagaimana dampak yang diharapkan (targeted impact) ?: ini berkaitan dengan penampilan dan kesan, atau kenyamanan ekonomis; 6) Apa yang diinginkan terkait fungsional (Function)?: beberapa tujuan, penghemat ruang, fungsi integrasi.

Selain itu dalam merancang produk smart furniture harus mempertimbangkan aspek-aspek: Design; Fungsionalitas; Keselamatan; produk yang mudah dibersihkan dan perawatan; ramah lingkungan; multifungsi; penghemat ruang; modularitas; Jenis bahan; Kekuatan; struktur desain mekanisme; Kemudahan perakitan; Customisasi; dan juga Pertimbangan harga (persepsi pelanggan),

Berikut ini desain Smart furniture yang  menggambarkan pendekan solusi berfokus pada penghematan ruang yang ekstrem untuk memberikan fungsionalitas maksimal. Modul furnitur tertanam yang dikembangkan dapat diintegrasikan ke dalam dinding, dengan dua sisi yang menarik ( gambar 1)

Pilihan solusi furnitur juga dapat dilakukan dengan memberikan pendekatan  fungsional furnitur maksimal yang dapat berdampak dalam ruangan yang terbatas. Desain yang dapat berinteraksi dalam ruang kerja juga memiliki beberapa fungsi untuk aktifitas dan penyimpanan pendukung lainnya seperti fungsi penyimpanan refrigerator mini, sarana mencuci dan beberapa storage untuk menyimpan peralatan ( gambar2).

Pendekatan solusi yang kedua yaitu menekankan pendekatan fokus pada mengintegrasikan berbagai karakteristik dalam satu produk melalui kemudahan aksesibility internet/hotspot, maupun berbagai aplikasi seperti komputer, sensor, perangkat, dan peralatan sesuai kebutuhan individu (gambar 3). Fungsi ruangan terintegrasi dari seluruh ruang hidup ke dalam konsep rumah pintar. Konsep  lingkungan cerdas menjadi selangkah lebih maju, dan mengintegrasikan seluruh ruang hidup ke dalam konsep yang mengusung serangkaian eksperimen virtual dengan  sistem remote control smart living berbasis jaringan teknologi wireless.

Pada gambar meja bundar dengan penambahan fungsi audio yang dapat terkoneksi smartphone, Pendekatan Smart furniture tersebut merujuk hal langsung ke jenis layanan yang disediakan furnitur ini yaitu akses internet dan berbagai jenis aplikasi untuk berbagai kebutuhan seperti pada tablet atau smartphone.( Gambar 4).

Referensi

https://www.researchgate.net/publication/293803304_SMART_FURNITURE_-_QUO_VADIS

https://medium.com/the-gadget-flow/12-pieces-of-smart-furniture-youll-actually-wanna-buy-60fe85508a66

https://www.google.com/search?safe=active&rlz=1C1GCEU_enID849ID849&sxsrf=ALeKk03BIEOweIEnuDBrGmnCwaGzBLC8Kg:1588315206652&source=univ&tbm=isch&q=smart+furniture+and+integrated+space&sa=X&ved=2ahUKEwi157udh5LpAhVymeYKHU7uCvUQsAR6BAgGEAE&biw=1010&bih=604#imgrc=QEzFl5qEKBQ2SM&imgdii=Dgf_tpyX0Am8LM

https://luckaround.com/innovative-furniture/

https://www.google.com/search?safe=strict&rlz=1C1GCEU_enID849ID849&sxsrf=ALeKk02AsD6Kb6iZucNhigb5u9mvC_lRA:1588318839498&source=univ&tbm=isch&q=smart+furniture&sa=X&ved=2ahUKEwiVmt_hlJLpAhX8zTgGHRlLCJ4QsAR6BAgEEAE&biw=1010&bih=604#imgrc=mKwjOcnLCiB5fM

https://www.haefele.de/en/info/about-haefele/press/press-releases/furniture-technology-a-holistic-view/63430/