People Innovation Excellence
 

Rekonstruksi Kantor Kalindra dengan Tema Nature Smart Living

Seperti yang kita tahu, The Kalindra adalah salah satu kawasan yang elit di kota Malang yang memiliki penggabungan antara Apartemen, Hotel serta Landed house di dalam kompleksnya. terletak dikota malang dan berdekatan dengan exit tol (surabaya – malang) yang terdiri dari bebagai fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan hunian. Project Kalindra juga menggandeng ASTON untuk bekerja sama. Pihak Kalindra sendiri menjabarkan bahwa teknis dari kerja sama ini adalah, Kalindra akan menganggung pembangunan dari hotel tersebut, sedangkan pihak Aston akan berdiri sebagai pengelola management dan operational dari bangunan tersebut dibawah nama ASTON.

  1. General Desain

Dengan fokus ke Kantor Kalindra yang baru, sekarang konsepnya akan lebih memadukan Minimalist x Naturalist dengan Smart Living. General Design juga akan berubah total karena akan menampilkan sederhana, tetapi menggunakan material alami dan penekanan pada view tertentu.

Kemudian pada bagian Smart Livingnya. Terbagi menjadi 2, yaitu pada Jendela bawah Plafond dan Skylight. Sistemnya yaitu, pada Jendela dibawah plafond. Kantor Kalindra akan mempunyai banyak ventilasi jendela kecil di ketinggian 280 – 300 cm dari lantai. Ukuran 50 x 50 hingga 100 x 100 cm. Berbahan Kaca Temper atau Kaca Bening. Smart Living diaplikasikan jika ruangan kantor mencapai suhu 34 derajat dan dengan kelembapan tertentu (melebihi atau kurang dari 45% – 65% RH), otomatis jendela dibawah plafond akan tertutup dengan mekanik yang sudah disetting ( seperti jendela mobil / Skylight Roller Blind)

Dan untuk Plafond atas / Skylight pada sebuah ruangan juga bisa disetting untuk ditutup dengan cover berbahan seperti kaca berbahan material blackout, guna mengurangi intensitas cahaya yang masuk bahkan juga mengurangi sinar UV yang masuk secara berlebih. Untuk sistemnya sendiri menggunakan manual setting / bisa setting auto seperti Jendela dibawh plafond. Jika cahaya langsung mendirect atap, (sensor) akan menutup dengan otomatis.

Semua itu cara kerjanya Sistem Auto Lock / jendela menutup juga skylight roller blind menutup menggunakan sensor yang akan kami aplikasikan. Dengan menambahkan konsep “otomatisasi”, ketika suhu ruangan panas, sensor kirim data ke IoT dan diproses dan memerintahkan ke device (roller blind, jendela bawah plafond) untuk menutup atau membuka

  1. Konsep Ruang yang memakai Smart Living

Ada beberapa ruangan yang terdapat di Kantor Kalindra, yaitu antaranya :

Sales Room

Area dimana Tim Marketing Kalindra bertemu denggan Client untuk membicarakan properti terkait. Smart Living yang akan diaplikasikan adalah pada plafond yang memakai glass ceiling atau skylight yang akan diaplikasian guna memperindah dan estetika sebuah ruangan Sales Room.

Ruang Kerja Admin

Kalindra akan memiliki 4 ruang kerja, teridiri dari Administrasi Perizinan, Administrasi Keuangan, KPR, serta ruang Tim Perancangan. Desain dari ruang ini adalah mayoritas open nature yang akan membuat ruangan kerja admin ini terbuka dan dindingnya hanya memakai sekat kayu saja

Pantry and Toilet

Patry dan Toilet akan digunakan oleh karyawan internal kantor. Lebih ke minimalist nature yang tidak terlalu banyak motif tetapi mengedepankan aset nature

Ruang Direktur

Kantor Kalindra akan memiiliki 2 ruang direktur, yaitu Ruang Direktur Operasional dan Ruang Direktur Pemasaran. Ruangan ini hanya memainkan warna dari warna ruang dan furniture, yaitu warna elegan hitam agar terlihat professional dan kalem. Pada sisi plafon akan menambahkan aksen kotak kotak yang terdapat sebuah spotlight disetiap sisi kotaknya

Musholla

pada area musholla, akan ditambahkan area wudhu tersendiri untuk mempermudah pengguna. Lebih ke minimalist, tetapi pada bagian tempat wudhu akan dibuat lebih open sehingga terlihat luas.

Indoor Garden

Akan memakai plafond Smart Living sebagai daya tariknya yang akan diaplikasikan. Titik point interest yang akan disuguhkan pada tamu client dan pegawai yang akan memberikan segar dan fresh saat masuk ke kantor

Kantor Kalindra tentu tidak luput dari Kalindra Hotel, Apartement, dan Perumahan Kalindra yang memakai konsep milenial elegant dan green alam. Maka hal ini yang membuat rekontruksi ini lebih cocok dengan usaha Kalindra sendiri.

Contoh gambar 3D Kalindra

 

 

Daftar Pustaka

  1. thekalindra.com

Published at :
Written By
M.Gustafian.D.S
Binusian22 | Interior Design
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close