Kantor merupakan sebuah tempat dimana orang-orang bekerja secara rutin dan teratur untuk membangun dan mengembangkan sebuah usaha, baik itu usaha kecil dan besar. Ketika kita mendengar kata kantor , banyak kata kunci yang langsung terlintas di pikiran kita, contohnya , kaku, bosan, formal, dan banyak hal lain yang menegaskan , kantor bukanlah tempat yang asik!.

Bagaimana jika kantor menyediakan sebuah refreshing area, dimana di ruangan ini disediakan banyak sekali snack bahkan alat-alat untuk bermain. Apakah para pekerja menjadi malas? Apakah nantinya para pekerja datang kekantor hanya untuk bermain?

Tidak! Kalian salah, dengan adanya refreshing area tersebut dapat memicu semangat dan produtivitas  para pekerja kantor. Terdapat sebuah studi yang telah membuktikan, jika sebuah game atau hiburan di kantor dapat menekan tingkat stress karyawan akibat tekanan dalam bekerja. Saat bermain, otak akan merasa rileks sekaligus terpacu untuk menemukan ide-ide kreatif dan memberi dampak baik bagi perusahaan.

Bahkan jika perusahaan menyediakan area bermain ini , para pekerja bisa juga meningkatkan teamwork satu sama lain. Dengan ada nya hubungan kerja sama yang baik dan kompak dapat menciptakan atmosfer yang baik untuk bekerja dan mengembangkan ide-ide baru.

Beberapa contoh permainan yang bisa di sertakan :

Selain meletakkan area bermain, dengan meletakkan area untuk snack-snack ringan juga dapat membuat karyawan nyaman saat bekerja, misalnya saja jika karyawan merasa lelah bekerja, mereka membutuhkan makanan untuk kembali meningkatkan ‘mood’ atau meningkatkan kembali konsentrasi mereka, setelah mendapatkan asupan untuk perut mereka, tentu saja mereka merasa lebih bersemnagat lagi untuk bekerja demi perusahaan.

Jadi sebarnya sudah banyak perusahaan yang menggunakan metode-metode seperti diatas untuk mendorong karyawannya untuk bekerja atau berinovasi lebih dengan cara- cara yang santai atau tidak memberikan tekanan pribadi pada karyawan-karyawan yang bersangkutan. Beberapa perusahaan yang sudah menerapkan contohnya Google , bahkan di dalam negri pun ada bukalapak, tokopedia, dan banyak lagi.