Pekerja kantoran umumnya memiliki 8 jam kerja untuk setiap harinya, berada didalam ruangan menghadap ke layar monitor komputer dalam jangka waktu yang panjang dan repetitif, tentunya mudah menyebabkan rasa jenuh, kantuk bahkan dapat menyebabkan stress. Belum lagi ditambah efek jangka panjang dari penggunaan AC yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik karyawan. Maka dari itu, sudah sewajarnya untuk perusahaan menyediakan area kerja yang nyaman agar dapat menunjang kinerja karyawan.

Indoor garden dapat menjadi salah satu opsi maupu solusi untuk hal tersebut. Banyak survey telah membuktikan bahwa oksigen yang dihasilkan tanaman dapat memberi banyak manfaat positif bagi karyawan saat bekerja di kantor, dan tentunya indoor garden juga memberikan pemandangan yang menyejukan mata sebagai sarana refreshing dari penatnya pekerjaan.

Berikut beberapa manfaat yang dihasilkan oleh tanaman didalam kantor,

  1. Memperbaiki kualitas udara dan kelembapan

Berada didalam ruangan dengan AC untuk waktu yang lama dapat memberikan dampak negative pada kesehatan penggunanya. Penempatan tanaman didalam ruang kantor dapat mengurangi tingkat karbondioksida yang ada, membantu menjaga kelembapan udara dan yang pastinya tanaman akan membuat udara didalam ruangan lebih segar alami.

  1. Meningkatkan kreativitas dan produktivitas

Banyak survey telah membuktikan bahwa adanya tanaman hijau didalam ruang kerja, sangat berpengaruh kepada kreativitas dan produktivitas penggunanya, dalam hal ini dapat meingkatkan kualitas kerja karyawan yang ada. Hal ini disebabkan karena karyawan merasa lebih rileks dan santai saat bekerja.

  1. Mengurangi stress

Bukan hanya kesehatan fisik yang harus diperhatikan karyawan. Tanggungan kerja, tekanan dari atasan, selisih pendapat dengan rekan kerja, hal-hal tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan jiwa karyawan, yangmana sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Sebuah studi menyatakan bahwa adanya tanaman didalam ruang kerja atau kantor dapat menurunkan rasa cemas, kelelahan serta depresi pada karyawan. Keseimbangan antara fisik dan jiwa juga harus dijaga agar dapat bekerja secara maksimal.

Semua manfaat diatas akan lebih maksimalkan apabila ditambahkan pencahayaan alami, selain berdampak positif pada karyawan, cahaya alami juga akan memenuhi kebutuhan tanaman yang ada. Beberapa tanaman yang dapat dijadiikan refrensi untuk indoor garden adalah, Pakis Asparagus, Pachira, Bunga Lidah Mertua, Lavender serta masih banyak lagi.

 

  1. Tirto.id – 4 Manfaat Menaruh Tanaman di Meja Kerja Bagi Kesehatan . Retrived April 30th, 2020. https://tirto.id/4-manfaat-menaruh-tanaman-di-meja-kerja-bagi-kesehatan-eiZg

2. bibitonline – 7 Manfaat Tanaman Hias dalam Ruangan yang Jarang Diketahui. Retrived April 30th, 2020. https://bibitonline.com/artikel/7-manfaat-tanaman-hias-dalam-ruangan-yang-jarang-diketahui