Menjadi karyawan sebuah kantor merupakan impian sebagian besar orang; bekerja pagi hingga sore hari, menatap komputer dan menjalani rutinitas karyawan lainnya. Namun perlu digarisbesarkan, dengan menjalani pola tersebut setiap hari dapat memicu stress karyawan. Lantas, hal apa yang bisa meredakan rasa stress mereka?

Sebuah riset yang dilakukan peneliti dari Vrije University Medical Centre di Belanda menunjukkan bahwa gambar alam—seperti hutan, sawah, pohon, dan lain-lain—dapat meredakan rasa stress yang partisipannya rasakan setelah melakukan serangkaian test, walaupun tidak sedrastis saat melihatnya secara langsung. Hal ini membuktikan bahwa benda-benda hijau bisa membantu karyawan dalam mengurangi stres-nya saat bekerja.

 

Pada perancangan kali ini, sebuah kelompok melakukan redesign pada gedung perkantoran notaris agar menjadi lebih elegan tanpa meninggalkan ciri khasnya. Sebuah kantor yang berada di jantung kota Malang, yaitu Kantor Notaris Ita Kristiana S.H, M.Kn. Dengan letak kantor yang berdekatan dengan Mal Olympic Garden dan berada di pinggir jalan besar, membuat suara bising kendaraan mengganggu konsentrasi karyawan, begitu juga dengan asap kedaraan yang masuk melalui celah-celah kantor.

Source: https://www.123rf.com/photo_130423794_mini-indoor-garden-area-decoration-with-nature-tone-concept-with-wooden-shelf-to-present-potted-cact.html

Dengan mengusung tema mid-century dengan tambahan smart design pada rancangannya, mereka juga menambahkan green design pada desainnya tersebut. Pengaplikasian taman semi-indoor di area kiri kantor karyawan dan di tengah-tengah kantor, diharapkan bisa menjadi “pengalihan” saat karyawan mulai merasakan bosan atau jenuh saat bekerja.

Sebuah studi pada tahun 2014 di Universitas Queesland Australia menemukan bahwa lingkungan kantor dengan pot tanaman bisa meningkatkan produktivitas hingga 15 persen. Selain itu, penempatan green design pada ruangan kantor dapat memberikan penghawaan alami dan mengurangi penggunaan AC yang dapat merusak lingkungan.[]