Kantor merupakan sebuah ruang yang membutuhkan efektivitas serta efisiensi yang tinggi dalam mendukung aktivitas di dalamnya. Semakin tinggi efektivitas serta efisiensi ruang, maka semakin tinggi pula produktivitas yang bisa dihasilkan. Hal ini tentu memberi keuntungan yang lebih bagi perusahaan. Terutama kantor yang hanya memiliki ruang terbatas, seperti menyewa gedung atau dengan lahan kecil untuk kantor tersebut. Ruang yang ada harus dapat dioptimalkan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan serta kenyamanan pengguna ruang. Seperti halnya pada kantor Multi Utama Consultindo (MUC) Consulting yang menyewa gedung Graha Pena Surabaya.

                Permasalahan yang terjadi pada kantor MUC adalah kurangnya tempat penyimpanan atau gudang yang menyebabkan alih fungsi ruang meeting yang dijadikan ruang penyimpanan. Ruang meeting dibagi dua dengan menggunakan dinding partisi berupa folding door. Salah satu ruang dijadikan tempat penyimpanan perabot yang tidak terpakai dan dokumen-dokumen kantor. Sedangkan ruang lainnya dijadikan ruang kerja untuk karyawan magang. Ruang meeting tersebut berukuran 4.3 × 6.3 meter yang kemudian menjadi 2 ruang yang masing-masing berukuran 4.3 × 3.15 meter.

Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan menambah space penyimpanan dengan menggunakan furnitur multifungsi. Furnitur multifungsi adalah sebuah furnitur yang memiliki fungsi lebih dari satu. Tidak seperti furnitur-furnitur pada umumnya, furnitur ini dapat ditarik, dilipat, serta diputar untuk mengubah fungsi sesuai yang akan digunakan pada saat tertentu. Furnitur ini memiliki banyak kegunaan, terutama untuk digunakan dalam ruang yang terbilang sempit.

Banyaknya barang yang ada dapat membuat ruang terasa sempit dan tidak efisien. Hal ini seperti yang terjadi pada kantor MUC yang memiliki banyak perabot tidak terpakai sehingga memakan ruang yang cukup banyak untuk menyimpannya. Furnitur multifungsi dapat mengatasi masalah ini. Dengan banyaknya kegunaan dalam satu perabot, tidak diperlukan banyak ruang untuk menaruh perabot. Ruang yang diperlukan menjadi lebih sedikit sehingga tercipta ruang kosong yang luas untuk sirkulasi lalu-lalang dalam ruang. Ruangan pun terlihat lebih tertata dan rapi.

Selain untuk mengatasi ruang yang sempit, penggunaan furnitur multifungsi dapat menggambarkan gaya desain minimalis yang ingin diterapkan sebagai konsep interior. Konsep interior yang akan diterapkan pada kantor MUC Consulting adalah casual minimalist dengan gaya atau style modern urban. Furnitur multifungsi akan semakin menguatkan konsep minimalis tersebut. Karena furnitur multifungsi pada dasarnya menerapkan prinsip-prinsip minimalis ke dalam satu perabot. Sebuah ruangan yang minimalis akan selalu membatasi penggunaan ruang yang tidak perlu. Sama halnya seperti furnitur multifungsi, semakin ringkas dan efisien sebuah furnitur multifungsi akan semakin baik. Oleh karena itu, furniture multifungsi dapat menggambarkan gaya desain minimalis.

Selain menghemat ruang, furnitur multifungsi juga bisa menghemat biaya yang dikeluarkan. Jika dilihat dari kasat mata, orang akan berpikir bahwa penggunaan furnitur multifungsi akan memakan biaya lebih besar dibanding furnitur satu fungsi. Namun sebenarnya dalam jangka waktu yang panjang, dengan menggunakan furnitur multifungsi kita dapat menghemat biaya mulai dari jumlah pemakaian material hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk kontraktor atau tukang.

Melihat sebuah furnitur yang dapat digunakan dalam berbagai fungsi pasti akan menimbulkan kesan takjub dan menarik bagi tiap orang. Hal inilah yang dapat kita tampilkan dalam ruangan kita ketika menggunakan furnitur multifungsi. Kita pun tidak akan cepat merasa bosan dengan ruangan yang kita tempati karena furnitur multifungsi dapat memberikan tampilan yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi yang sedang dibutuhkan.

 

Sumber referensi:

http://homediarymagazine.com/4-keuntungan-menggunakan-perabot-multifungsi/#prettyphoto[group-827]/2/