People Innovation Excellence
 

Mengaplikasikan Furnitur Multifungsi pada Kantor MUC Consulting

Kantor merupakan sebuah ruang yang membutuhkan efektivitas serta efisiensi yang tinggi dalam mendukung aktivitas di dalamnya. Semakin tinggi efektivitas serta efisiensi ruang, maka semakin tinggi pula produktivitas yang bisa dihasilkan. Hal ini tentu memberi keuntungan yang lebih bagi perusahaan. Terutama kantor yang hanya memiliki ruang terbatas, seperti menyewa gedung atau dengan lahan kecil untuk kantor tersebut. Ruang yang ada harus dapat dioptimalkan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan serta kenyamanan pengguna ruang. Seperti halnya pada kantor Multi Utama Consultindo (MUC) Consulting yang menyewa gedung Graha Pena Surabaya.

                Permasalahan yang terjadi pada kantor MUC adalah kurangnya tempat penyimpanan atau gudang yang menyebabkan alih fungsi ruang meeting yang dijadikan ruang penyimpanan. Ruang meeting dibagi dua dengan menggunakan dinding partisi berupa folding door. Salah satu ruang dijadikan tempat penyimpanan perabot yang tidak terpakai dan dokumen-dokumen kantor. Sedangkan ruang lainnya dijadikan ruang kerja untuk karyawan magang. Ruang meeting tersebut berukuran 4.3 × 6.3 meter yang kemudian menjadi 2 ruang yang masing-masing berukuran 4.3 × 3.15 meter.

Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan menambah space penyimpanan dengan menggunakan furnitur multifungsi. Furnitur multifungsi adalah sebuah furnitur yang memiliki fungsi lebih dari satu. Tidak seperti furnitur-furnitur pada umumnya, furnitur ini dapat ditarik, dilipat, serta diputar untuk mengubah fungsi sesuai yang akan digunakan pada saat tertentu. Furnitur ini memiliki banyak kegunaan, terutama untuk digunakan dalam ruang yang terbilang sempit.

Banyaknya barang yang ada dapat membuat ruang terasa sempit dan tidak efisien. Hal ini seperti yang terjadi pada kantor MUC yang memiliki banyak perabot tidak terpakai sehingga memakan ruang yang cukup banyak untuk menyimpannya. Furnitur multifungsi dapat mengatasi masalah ini. Dengan banyaknya kegunaan dalam satu perabot, tidak diperlukan banyak ruang untuk menaruh perabot. Ruang yang diperlukan menjadi lebih sedikit sehingga tercipta ruang kosong yang luas untuk sirkulasi lalu-lalang dalam ruang. Ruangan pun terlihat lebih tertata dan rapi.

Selain untuk mengatasi ruang yang sempit, penggunaan furnitur multifungsi dapat menggambarkan gaya desain minimalis yang ingin diterapkan sebagai konsep interior. Konsep interior yang akan diterapkan pada kantor MUC Consulting adalah casual minimalist dengan gaya atau style modern urban. Furnitur multifungsi akan semakin menguatkan konsep minimalis tersebut. Karena furnitur multifungsi pada dasarnya menerapkan prinsip-prinsip minimalis ke dalam satu perabot. Sebuah ruangan yang minimalis akan selalu membatasi penggunaan ruang yang tidak perlu. Sama halnya seperti furnitur multifungsi, semakin ringkas dan efisien sebuah furnitur multifungsi akan semakin baik. Oleh karena itu, furniture multifungsi dapat menggambarkan gaya desain minimalis.

Selain menghemat ruang, furnitur multifungsi juga bisa menghemat biaya yang dikeluarkan. Jika dilihat dari kasat mata, orang akan berpikir bahwa penggunaan furnitur multifungsi akan memakan biaya lebih besar dibanding furnitur satu fungsi. Namun sebenarnya dalam jangka waktu yang panjang, dengan menggunakan furnitur multifungsi kita dapat menghemat biaya mulai dari jumlah pemakaian material hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk kontraktor atau tukang.

Melihat sebuah furnitur yang dapat digunakan dalam berbagai fungsi pasti akan menimbulkan kesan takjub dan menarik bagi tiap orang. Hal inilah yang dapat kita tampilkan dalam ruangan kita ketika menggunakan furnitur multifungsi. Kita pun tidak akan cepat merasa bosan dengan ruangan yang kita tempati karena furnitur multifungsi dapat memberikan tampilan yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi yang sedang dibutuhkan.

 

Sumber referensi:

http://homediarymagazine.com/4-keuntungan-menggunakan-perabot-multifungsi/#prettyphoto[group-827]/2/

 

 


Published at :
Written By
Luthfia Nurul Fajri
Binusian22 | Interior Design
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close