Kedai kopi menjadi pilihan alternatif bagi sebagian besar masyarakat untuk melakukan beberapa aktifitasnya di luar rumah, mulai  dari aktifitas tamu yang datang mencari ketenangan  untuk membaca novel, sibuk bekerja dengan laptop, ataupun melakukan pertemuan bisnis hingga datang secara bersama yang bertujuan datang untuk sekedar duduk santai sambil ngobrol. Adanya beragam kebutuhan tamu sebagaimana disebutkan diatas membuat sebuah kedai kopi dituntut untuk dapat mengakomodir hal tersebut sehingga pelanggan yang datang dapat merasa nyaman karena kebutuhannya dapat dipenuhi.

Tingkat kenyamanan tamu atau pelanggan menjadi hal penting bagi sebuah kedai kopi karena hal itu yang akan mempengaruhi jumlah dan lamanya pelanggan mengunjungi sebuah kedai kopi. Salah satu yang dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan adalah Interior kedai kopi. Desain Interior sebuah kedai kopi memiliki kemampuan untuk melibatkan tamu yang datang, meningkatkan kenyamanan, dan mendorong mereka untuk menjadi pelanggan setia yang dapat menciptakan ruang memikat yang akan meningkatkan keuntungan bisnis .

Berikut ini beberapa hal mendasar dalam  merancang interior Kedai Kopi.

  1. Konsep Interior mencerminkan Brand dan misi Kedai Kopi.

 Sebuah kedai kopi akan berkesan jika memiliki “brand” kuat yang dapat dirasakan melalui dekorasi, karyawan, layanan, dan barang-barang yang ditawarkan. Merek ini mencakup konsep, identitas, kepribadian, dan misi kedai kopi. Interior kedai kopi harus konsisten agar dapat meningkatkan “brand” kedai kopi. Selain itu konsep interior sebaiknya juga memancarkan suasana yang jelas bagi pelanggan kedai kopi.

  1. Perancangan memperhatikan pencahayaan.

Apabila memungkinkan, manfaatkan pencahayaan alami untuk menghemat energi. Pada siang hari, lampu yang sejuk juga baik digunakan karena menerangi area dengan warna yang natural. Untuk suasana yang nyaman di malam hari, pilihan nada hangat dan lembut akan sangat ideal karena akan dapat menciptakan kontras yang lebih lembut dari kegelapan. Meskipun demikian, hal itu perlu disesuaikan lagi dengan “brand” kedai kopi, apakah akan menggunakan nada dingin atau hangat.

  1. Interior Kedai kopi yang Instagrammable dan interaktif.

Studi menunjukkan bahwa bisnis industri kopi dan kedai kopi terus booming karena orang memiliki kebutuhan untuk mengaktualisasikan keberadaannya, seperti pengalamannya pergi makan di suatu tempat. Selain itu, dengan pertumbuhan media sosial, lebih banyak orang berharap untuk berbagi pengalaman mereka dengan orang lain melalui gambar pada platform seperti Instagram. Memperlengkapi interior kedai kopi dengan elemen-elemen menarik akan dapat berkontribusi untuk menciptakan pengalaman penuh bagi para tamu sambil juga berfungsi sebagai taktik pemasaran gratis.

 Inspirasi interior Kedai Kopi bertema Industri

Interior kedai kopi akan menentukan nada ruang dan harus konsisten dengan Brand Kedai Kopi.  Pertimbangkan tema dalam kedai Kopi untuk mengangkat merek, konsep, dan nilai-nilai kedai kopi Dalam Tema Kedai kopi bergaya industri pada umumnya mengambil inspirasi dari gudang, pabrik, dan ruang industri lainnya. Berikut  ini beberapa contoh dari apa yang mungkin dilihat di kedai kopi dengan dekorasi bergaya industry.

Interior kedai kopi dengan dekorasi bergaya industry umumnya juga menampilkan suasana dan elemen ruang:

  • Arsitektur terbuka, seperti pipa, bata, balok langit-langit, bala bantuan besi, dan kayu lapuk
  • Aksen logam, seperti keranjang kawat
  • Garis kuadrat dan bentuk – bentuk blok
  • Komponen mekanis, seperti roda gigi, mur, dan baut
  • Penggunaan material utilitarian yang tangguh, seperti kulit, tembaga, batu, dan aluminium
  • Menyandingkan komponen kuno dan modern, seperti lampu modern di atas meja samping vintage
  • Palet warna: nada abu-abu, hitam, cokelat, putih, dan lebih gelap, seperti merah marun

 Referensi:

  1. https://www.Benance.net
  2. https://www.Sfgirlbyby.com
  3. https://www.Webstaurantstore.com