Pada sebuah kantor, tentu saja terdiri dari berbagai ruangan yang mempunyai fungsinya masing-masing. Ada ruangan yang digunakan untuk bekerja, rapat, dan beristirahat. Para karyawan tentunya membutuhkan waktu beristirahat dari jam bekerjanya. Dibutuhkan sebuah ruangan khusus pada kantor yang bisa digunakan oleh karyawan untuk melepas penat dan mengisi asupan diri. Ruangan yang dapat digunakan untuk beristirahat oleh karyawan adalah sebuah pantry pada kantor tersebut.

Pantry di kantor digunakan untuk para karyawan untuk bersantai, berkumpul sejenak sesama karyawan untuk berbincang ringan, serta menyiapkan makan. Kegiatan di pantry memang tidak serumit di dapur pada umumnya, biasanya hanya sekedar memanaskan makanan atau membuat makanan dan minuman instan. Pantry merupakan salah satu tempat di kantor yang bisa membantu karyawan untuk melepas penat di tengah jam kerjanya.

Suasana yang menyenangkan dan menyejukkan dapat membantu karyawan untuk melepaskan penatnya. Ide desain pantry semi outdoor ini dapat menjadi alternative untuk mendapatkan suasana yang lebih santai karena dekat dengan suasana luar, selain itu sirkulasi udaranya akan lebih baik dan menyegarkan. Udara segar dan melihat tanaman hijau dapat membantu karyawan kantor untuk lebih produktif dan semangat kembali.

Berikut ini beberapa ide desain pantry semi outdoor yang bisa diterapkan pada kantor,

Pantry semi outdoor dengan plafon kayu membuat pantry terkesan seperti pendopo. Pendopo biasanya memiliki kesan yang masih tradisional atau kuno, tetapi hal tersebut dapat diimbangi dengan furniture yang digunakan. Kesan kuno tersebut bisa memberi sedikit refreshing untuk kebosanan dengan suasana kota yang jenuh, tapi tetap diberi sentuhan modern agar tidak terkesan asing.

Tema Farmhouse dapat menjadi salah satu ide pantry semi outdoor. Dapat menggunakan parket kayu yang berbeda pada bagian indoor dan outdoornya untuk zoning area. Warna putih yang digunakan juga memberi kesan yang bersih. Kesejukkan akan sangat terasa pada pantry ini sehingga penat pun pasti akan terangkat.

Warna biru akan memberi ketenangan pikiran, hal ini yang mendukung penggunaan dominasi warna biru. Karena tujuan dari pantry sendiri, selain menyiapkan makanan, tentunya juga beristirahat saat jam bekerja. Dengan adanya udara sejuk, cahaya matahari, dan warna biru, perasaan rileks akan didapat setelah menghabiskan waktu di pantry ini.

Desain pantry dengan paduan vertical garden untuk pemilik lahan taman yang tidak terlalu luas. Vertical garden yaitu bentuk taman yang diaplikasikan secara vertical.  Hal ini dapat menjadi solusi apabila ingin mempunyai pantry semi outdoor dengan kapasitas lahan yang sedikit. Sentuhan tanaman diletakkan pada dinding pantry.

 

Referensi:

  1. https://www.housebeautiful.com/room-decorating/kitchens/g394/small-kitchens/
  2. https://www.housebeautiful.com/room-decorating/kitchens/g9/outdoor-kitchen-design-ideas-0511/