Banyak pertanyaan yang intinya sama terwakili oleh percakapan dibawah ini:

Penanya     : “ Pak.. pelanggan saya tidak ada yang datang lagi semenjak pandemi covid ini. Apa yang harus saya lakukan?”

Penanya     : “ Sebenarnya mereka membutuhkan produk kita, tapi mungkin tidak berani datang karena takut corona. Kita sekarang sudah siapkan deliveri order tapi  mungkin mereka tidak tahu nomer telepon kita. Kita mau menghubungi mereka juga tidak tahu kontaknya”

Percakapan diatas menunjukkan bagaimana permaslahan klasik entrepreneur. Mereka tidak pernah berfikir tentang perlunya data, yang paling sederhana tapi penting yaitu data pelanggan. Memang, bisa jadi karena ketidak tahuan mereka tentang pentingnya data pelanggan, tetapi dalam kondisi seperti sekarang inilah perlunya memiliki data pelanggan.

Coba kita perhatikan, jarang sekali entrepreneur terutama yang masih dalam skala mikro dan kecil memiliki catatan nama, alamat atau kontak pelanggannya. Dalam menjalankan bisnis kencenderungan yang muncul adalah menunggu pembeli datang. Ketika ada pembatasan hubungan dan kontak anatar manusia seperti sekarang, itulah masalah bagi mereka. Seandainya mereka memiliki nama dan kontak pelanggan tentu masalah tidak akan menjadi besar. Kebutuhan pelanggan masih bisa dilayani dengan sitem delivery order, mereka bisa ditanya memerlukan produk apa, perusahaan siap mengantar. Tetapi yang menjadi masalah adalah kontaknya tidak ada.

Belajar dari pengalaman ini, sebenarnya perlu setiap perusahaan dalam skala apapun memiliki data pelanggan. Dengan data itu banyak yang bisa dilakukan, salah satunya mengahdapai situsi sekarang bisa tetap terjadi hubungan dengan pelanggan yang sudah ada. Hubungan ini bisa dikembangkan lebih jauh dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Hasil identifikasi bisa digunakan untuk menyiapkan produksi berdasarkan pesanan yang masuk sajam dengan demikian bisa dilakukan proses efiensi dalam produksi, penyiapan bahan baku dan tenaga kerja. Data pelanggan yang sederhana bisa berdampak luas dalam pengembangan perusahaan. Salam Sukses-KL