Istilah B2B marketing atau business to business marketing adalah istilah yang relatif baru digunakan untuk menggambarkan pemasaran bisnis, pemasaran industri atau bahkan pemasaran organisasi. B2B marketing seringnya dilihat sebagai perbandingan dengan pemasaran konsumen tradisional (biasanya disebut dengan B2C marketing). B2B marketing merupakan akronim sederhana yang awalnya digunakan untuk membedakan transaksi bisnis online, namun saat ini digunakan sebagai istilah umum untuk pemasaran bisnis. Dalam istilah yang sangat sederhana B2B berarti bisnis yang menjual produk atau jasa ke bisnis lain. Sedangkan B2C atau business to consumer adalah bisnis yang menjual produk atau jasa ke konsumen.

B2B dan B2C marketing memiliki target pasar yang berbeda. Pelaku bisnis dengan B2B marketing menjual produk atau jasanya pada retailer atau sesama pelaku bisnis lainnya. Misalkan, seorang pelaku bisnis dalam bidang fashion yang menjual pakaian, maka dia akan menawarkan pakaian dia yang dijual kepada pelaku bisnis lain yang juga menjual pakaian untuk selanjutnya dijual langsung pada konsumen. Sedangkan pelaku bisnis dengan B2C marketing menjual produk atau jasanya langsung kepada konsumen.

Pada kenyataannya, para pelaku bisnis dengan B2B marketing jumlahnya masih lebih sedikit dibandingkan dengan pelaku bisnis B2C marketing. Penyebabnya adalah karena target pasar yang berbeda. Pelaku bisnis pada B2B marketing lebih sulit mendapatkan target pasar, karena B2B marketing membutuhkan pasar yang tetap bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, target pasar pada B2B marketing juga setidaknya harus membeli barang yang dijual dalam jumlah banyak. Berbeda dengan B2C marketing dimana konsumen tidak harus membeli barang dalam jumlah banyak. Atau dengan kata lain, B2C marketing dilakukan selayaknya proses pemasaran tradisional. Sehingga sedikit sulit bagi pebisnis dengan B2B marketing untuk mendapatkan pelanggan tetap. Namun, tidak berarti membangun bisnis dengan konsep B2B marketing akan sangat sulit, hanya saja diperlukan rencana dan strategi yang jelas dan detail.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa model bisnis B2B marketing memiliki target pasar dalam jangka waktu yang lama. Sehingga para pelaku bisnis dengan B2B marketing harus bisa mengelola dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan dalam jangka waktu lama. Hal – hal yang dapat dilakukan diantaranya seperti memetakan target pasar secara merinci, proses pemasaran yang tidak hanya dilakukan secara online (mengingat saat ini mayoritas kegiatan bisnis sudah dilakukan secara online) atau memberikan pelayanan istimewa pada pelanggan agar mereka tetap setia dan terus kembali untuk membeli produk atau jasa yang dijual.

Referensi:

Malhotra, N. K., Daniel N., and David F. B. (2017). Marketing Research An Applied Approach. Fifth Edition. Pearson. United Kingdom.