Liburan akhir tahun ini memberi pengalaman baru dalam melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung dengan menggunakan kereta api. Pengalaman saat ini sangat jauh berbeda dibanding dengan lebih dari 30 tahun lalu, yaitu semasa kuliah di Bandung saat kembali ke Jakarta menggunakan kereta api untuk menemui orang tua di Jakarta.

Awal perjalanan ini dimulai dengan mencari tiket kereta api di platform on-line. Pembelian karcis sangat mudah dan nyaman dilakukan, karena bisa memilih jam keberangkatan dan tipe kelas (ekonomi, eksekutif atau bisnis) sambal menonton televisi atau makan pisang goreng. Pengalaman yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan jaman dulu, ketika calon penumpang harus datang langsung ke stasiun dan mengantri di depan loket. Ketika pas tiba di depan loket, karcis dinyatakan habis. Hal ini terjadi karena jaman dulu karcis telah diborong para calo.

Ketika sampai di stasiun, proses memperoleh karcis sangatlah mudah dengan memindai barcode melalui mesin anjungan yang tersedia di stasiun, tanpa harus mengantri berdesak-desakan. Interaksi dengan petugas hanya dilakukan sekali saja yaitu ketika hendak memasuki peron, tiket diperiksa kesesuaiannya dengan kartu identitas. Selanjutnya tinggal menikmati perjalanan dengan kursi yang nyaman dilengkapi pendingin gerbong.

Bagaimana mencari tempat tinggal di Bandung? Sungguh amat mudah, karena banyak sekali plaform akomodasi on-line yang tersedia. Sambal duduk nyaman di dalam kereta, kita dapat memilih berbagai pilihan akomodasi dan sekaligus memesannya.

Pengalaman berlibur saat ini amatlah nyaman dan sangat jauh berbeda dibanding jaman dulu, bebas antrian panjang, tidak perlu berdesak-desakan, dan segala pilihan tersedia dengan mudah. Inilah manfaat teknologi digital dalam bisnis.

Salam,

Boto Simatupang