Suasana kantor yang tenang dan nyaman adalah kebutuhan mendasar karyawan untuk dapat bekerja dengan maksimal. Namun biasanya karyawan dihadapkan dengan  suasana kantor yang ramai akan obrolan antar karyawan lalu konsep kantor yang terbuka hingga atap yang bising saat hujan.

Pencahayaan akustik dan ruangan kerja sebagai faktor terpenting untuk kesejahteraan karyawan di tempat kerja. Penelitian telah menunjukkan bahwa akustik ruangan berdampak pada produktivitas, serta kualitas umum interaksi manusia, dan kesehatan seseorang. Pencahayaan akustik ini meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas tidak hanya dalam satu tetapi dua cara : sumber cahaya yang mengurangi suara menggabungkan minimalisasi kebisingan dengan teknologi LED yang sangat efisien untuk pencahayaan yang sangat baik. Pencahayaan akustik adalah sebuah solusi untuk suasana yang lebih tenang dengan pencahyaan yang efisien di kantor kantor modern yang menggunakan konsep open space dengan biaya perencanaan dan pemasangan yang rendah lalu dikombinasikan dengan desain yang menarik.

Pada kantor 24 slides yang kami design berkonsep open space, karena karyawan yang bekerja disana nyaman dengan kantor yang terlihat luas dan tidak ada batas satu sama lain. Oleh karena itu acoustic lighting merupakan solusi yang tepat untuk di aplikasikan pada kantor 24 slides tersebut, berhubung pada kantor 24 slides belum terdapat peredam sama sekali pada area workspace.

Desain akustik

Desain akustik ruangan tertutup pada intinya adalah mengendalikan komponen suara langsung dan pantul ini, dengan cara menentukan karakteristik akustik permukaan dalam ruangan (lantai, dinding dan langit-langit) sesuai dengan fungsi ruangannya. Ada ruangan yang karena fungsinya memerlukan lebih banyak karakteristik serap (studio, home theater, dll) dan ada yang memerlukan gabungan antara serap dan pantul yang berimbang (auditorium, ruang kelas, dsb). Dengan mengkombinasikan beberapa karakter permukaan ruangan, seorang desainer akustik dapat menciptakan berbagai macam kondisi mendengar sesuai dengan fungsi ruangannya, yang diwujudkan dalam bentuk parameter akustik ruangan (Sarwono, 2008).

Karakteristik akustik permukaan ruangan pada umumnya dibedakan atas (Sarwono, 2008):

  • Bahan Penyerap Suara (absorber) yaitu permukaan yang terbuat dari material yang menyerap sebagian atau sebagian besar energi suara yang datang padanya. Misalnya glasswool, mineral wool, foam. Bisa berwujud sebagai material yang berdiri sendiri atau digabungkan menjadi sistem absorber (fabric covered absorber, panel absorber, grid absorber, resonator absorber, perforated panel absorber, acoustic tiles, dsb).
  • Bahan Pemantul Suara (reflektor) yaitu permukaan yang terbuat dari material yang bersifat memantulkan sebagian besar energi suara yang datang kepadanya. Pantulan yang dihasilkan bersifat spekular (mengikuti kaidah Snelius yaitu sudut datang = sudut pantul). Contoh bahan ini misalnya keramik, marmer, logam, aluminium, gypsum board, beton, dsb.
  • Bahan pendifuse/penyebar suara (diffusor) yaitu permukaan yang dibuat tidak merata secara akustik yang menyebarkan energi suara yang datang kepadanya. Misalnya QRD diffuser, BAD panel, diffsorber dsb.

Pengaplikasian Acoustic Lighting

  • Working space

Untuk area working space kami menggunakan lampu luminer gantung berbentuk cincin yang Panjang yang merupakan produk dari XAL. Kami memilih desain lampu tersebut karena  sangat elegan dan juga warnanya netral dan lampu tersebut juga berfungsi sebagai zoning meja kerja perdivisi. Lampu tersebut sudah dilengkapi dengan aksesoris berupa penyerap suara yang terbuat dari 50% PET daur ulang. Bahan ini dibentuk dengan presisi dan menggabungkan tiga keunggulan utama: stabilitas yang melekat, efektivitas akustik yang tinggi, dan kualitas permukaan yang tinggi yang nyaman untuk dilihat . lampu yang digunakan adalah LED yang sangat efektif untuk menerangi meja kerja karyawan. Desain lampu yang mengelilingi meja memungkinkan semua meja karyawan mendapatkan pencahayaan yang cukup.

  • Private room

Pada bagian private room seperti ruang manager, customer support, accounting , employee success , dan meeting room kami menggunakan Waffle Pendant Downlit yang merupakan produk luxxbox. Produk tersebut  menggabungkan baffle akustik dan downlight LED untuk menerangi ruang. Produk tersebut tersedia dengan berbagai ukuran dan beragam warna yang akan menciptakan perpaduan yang unik saat digabungkan. Panel akustik 100% dapat didaur ulang dan diproduksi dari 65% bahan daur ulang. Desain lampu akustik  berbentuk bundar dengan diameter baffle akustik yang cukup besar yang akan membantu mengurangi kebisingan pada ruangan. Lampu downlight yang sudah tergabung tentunya akan lebih praktis dan memudahkan pemasangannya. Warna yang bermacam macam namun tidak mencolok sangat cocok untuk digunakan pada kantor kreatif.

  • Library

Kegiatan membaca tentunya membutuhkan pencahayaan  yang baik  dan suasana yang hening agar kegiatan membaca lebih menyenangkan. Pada kantor 24 slides perpustakaan yang kami desain terdapat 2 bagian, yang pertama bagian untuk membaca dengan meja dan kursi yang nyaman  dan yang kedua bagian rak buku. Pada area membaca kami menggunakan BuzziJet Suspension yang berbentuk lampu gantung  untuk mempercantik area membaca dan menarik minat baca. Desain lampu akustik sederhana namun warnanya yang berwarna warni memberi kesan playfull pada ruangan. Diameter yang lebar memungkinkan gelombang suara memantul bolak-balik dalam radius tubuh bundarnya, dan mengurangi kebisingan. Cahaya yang dihasilkan tidak terlalu terang namun cukup untuk merilekskan mata saat membaca dan memberikan ketenangan.

Referensi

  1. http://lightformblog.com/acoustic-lighting/
  2. https://alfarisy89.wordpress.com/2010/07/24/material-akustik/
  3. https://www.xal.com/en/acoustic-lighting/
  4. https://www.luxxbox.com/categories/acoustics/