AVB Media Asia adalah production house di Bali yang banyak bekerjasama dengan klien dari dari luar negeri. Projek yang dibuat biasanya adalah iklan, company profile, video wedding, dan lain-lain. AVB sendiri memiliki 2 anak perusahan yang bernama ALPHA 7 dan Bali Go Life. Dilandasi dengan cita-cita untuk membangun sebuah production house, Vebby Nathasya, Binusian Komunikasi 2021, melakukan magang dengan semangat di AVB.

Posisinya Vebby di AVB adalah sebagai Production Assistant Intern yang memiliki tugas membantu produser mulai dari sebelum, saat, dan setelah produksi atau project. Sebelum shooting ia diharuskan mencari model untuk klien sesuai budget yang sudah ditentukan, menyiapkan slides untuk presentasi, dan membantu membuat moodboard bersama produser. Tentunya ia melakukan semua pekerjaan itu dengan bantuan tim. Vebby selalu dibimbing oleh produser dan asisten produser lain dalam melaksanakan tugasnya.

                Sebelum pandemi melanda, Vebby selalu mendampingi produser serta mengingatkan produser dan tim lain agar tidak melebihi jadwal shooting yang sudah direncanakan. Namun ketika tidak ada project seperti masa-masa WFH saat ini, Vebby membantu para asisten produser lain untuk mencari footage. Ia juga melakukan kontak dengan beberapa model, update sistem wardrobe, dan mengerjakan subtitle pada video yang dibutuhkan melalui web khusus yang diberikan AVB.

Selain mengontak dan mempersiapkan model, Vebby juga bertugas mempersiapkan perlengkapan shooting. Ia perlu membawa dan mencatat barang-barang yang dibutuhkan untuk shooting seperti baju para model. Semua ini tentu dilakukan dengan persetujuan dari produser. Tak hanya itu, budget yang dikeluarkan untuk biaya operasional juga harus ia pertanggungjawabkan keesokan harinya kepada tim accounting untuk membuat report budget.

Poin plus yang didapat Vebby saat magang di AVB adalah dapat melihat cara kerja tim dalam membangun sebuah production house. Ia dapat melihat cara cameramen dalam mengatur setting kamera, memelajari lensa. Melihat teknik pengambilan gambar atau video agar sesuai dengan moodboard, dan lain sebagainya. Ia mendapat banyak pengalaman praktis dibanding saat kuliah. Lucunya, ketika kuliah Vebby belum ahli editing video namun sekarang ia sudah bisa mengedit untuk video-video yang diproduksi oleh Bali Go Life.

                Terakhir, Vebby menitipkan pesan kepada adik-adik Binusian lain yang akan magang di tahun depan agar selektif dalam memilih tempat dan posisi magang. Dari magang, kalian bisa selangkah lebih dekat untuk mencapai cita-cita. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang membuat kalian masuk Jurusan Komunikasi? Apa yang kalian inginkan setelah lulus nanti? Mau jadi apa? Pertanyaan-pertanyaan ini bisa membantu kita memilih tempat magang yang tepat.

 

Penulis: Raihan Amalia Yasmin (Binusian Communication 2021)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.